Jelang Pemilu 2019, 15 Parpol di Klaten Ikuti Bintek Verifikasi Parpol Peserta Pemilu

Komisioner KPUD Klaten Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Muhammad Anshori. (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KLATEN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Klaten, Kamis 5 Oktober 2017 menggelar bimbingan teknis (bintek) di sebuah hotel di Klaten, Kamis 5 Oktober 2017. Acara ini digelar untuk 15 partai politik (parpol) terkait tata cara pendaftaran verifikasi parpol peserta pemilu.

Komisioner KPUD Klaten Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Muhammad Anshori mengatakan, aplikasi ini nantinya untuk menginput data keanggotaan. Ini sebagai salah satu dasar atau persyaratan dalam verifikasi partai politik yang akan bertarung pada pemilu 2019.

”Sebagai persyaratan partai politik dalam mengikuti pemilu baru melalui tahapan verifikasi administrasi dan faktual,” katanya.

Dia berharap dengan adanya pelaksanaan bintek ini mereka mampu menjalankan tugasnya dan berjalan lancar. Baik secara administrasi maupun faktual, semua parpol memiliki kesiapan secara keseluruhan.

Berdasarkan data sementara yang masuk KPUD Klaten, bahwa pemilu 2019 diperkirakan akan diikuti 15 parpol. Dari jumlah tersebut 3 diantaranya merupakan partai baru yakni,  Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya (PB).

”Sejauh ini yang sudah aktif berkomunikasi dan terlibat dalam kegiatan sosialisasi 3 partai baru tersebut,” kata Anshori.