Jelang Pilgub 2018, KPUD Klaten Gelar Jalan Sehat ”Gerakan Sadar Pemilu”

Sekitar 500-an orang mengikuti jalan sehat yang digelar KPUD Klaten, Minggu 29 Oktober 2017. (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KLATEN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Klaten menggelar jalan sehat bertemakan ”Gerakan Sadar Pemilu” Minggu 29 Oktober 2017. Kegiatan ini diikuti 500-an orang dari berbagai unsure. Yakni perwakilan siswa pemilih pemula, tokoh masyarakat, tokoh agama, tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (TPPKK) serta pimpinan partai politik (parpol).

Start dan finish dari halaman pendapa Pemkab Klaten. Jalan sehat itu dilepas oleh Asisten Administrasi Setda Klaten, Sri Winoto mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Sri Mulyani.

Sekretaris KPUD Klaten Sunarno, selaku ketua penyelenggara mengatakan, jalan sehat sebagai langkah sosialisasi penyelenggaraan pemilu serentak pada 2019. Selain itu juga pemilu gubernur (pilgub) dan wakil gubernur Jateng Juni 2018.

”Harapan kami dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih dalam pelaksanaan pilkada maupun pileg, pilpres, pemilu DPD mendatang,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPUD Klaten Siti Farida mengatakan, pemberian suara adalah sesuatu yang sakral dan fundamental dalam negara demokrasi. Suara yang dituangkan dalam bentuk coblosan di surat suara merupakan bentuk peroindahan kekuasaan dari pemilih sebagai pemegang kedaulatan atas negara atau daerah kepada peserta pemilihan yang akan bertanggungjawab untuk mengurus melayani rakyat.

”Karena itu jangan nodai suaramu dengan urusan yang remeh dan tak bernilai. Sudah saatnya sebagai pemilih menggunakan hak pilih secara benar dan penuh tanggungjawab,” ujarnya.