Operasi Zebra 2017 Dijalankan Serentak. Lengkapi Surat-Surat Berkendara Ya…

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman memimpin apel Operasi Zebra 2017 di lapangan mapolres setempat Rabu 1 November 2017. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – SRAGEN – Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman memimpin upacara gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2017 di lapangan polres setempat Rabu 1 November 2017. Kegiatan ini untuk mewujudkan polisi yang profesional, modern, dan terpercaya. Selain itu guna menciptakan situasi kamseltibcarlantas.

Operasi Zebra akan digelar mulai 1-14 November 2017. Operasi akan berlangsung di titik-titik rawan kecelakaan dan jalur sistem satu arah (SSA) di wilayah Sragen. Seteleh selesai upacara, Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman mengatakan, kegitan tersebut adalah instruksi dan amanat dari Korlantas Polri.

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman memberikan keterangan pers usai apel Rabu 1 November 2017. (credit-Huriyanto/Fokusjateng.com)

Kendaraan-kendaraan yang melawan arus dan kendaraan yang menggunakan alat sirine dan alat lain tidak sesuai peruntukannya ditertibkan. ”Penekanan dari operasi ini adalah menuju langkah pengamanan cipta kondisi keamanan malam tahun baru dan Natal 2017-2018,” jelasnya.


Dalam operasi ini, polisi menggunakan cara-cara sikap humanis. Cara menegur dengan memberikan penjelasan, langkah yang tepat sebagai bentuk pelayanan masyarakat. ”Contohnya mohon maaf bapak/ibu berhenti dulu,” tutur kapolres.

Selain itu, juga penindakan tegas yang melanggar marka dan melawan arus. Pada operasi ini setidaknya ada 77 personel dari satuan lalu lintas (satlantas) dan dibantu jajaran Polsek serta Dinas Perhubungan.