Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji Sosialisasikan Operasi Zebra Candi Polres Karanganyar

Sosialisasi Operasi Zebra Candi 2017 di wilayah Karanganyar menggunakan tokoh kesenian lokal, yaitu Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji, Rabu 1 November 2017. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KARANGANYAR – Mengawali dimulainya Operasi Zebra Candi 2017,  jajaran Polres Karanganyar menggelar apel pasukan di Lapangangan Wira Satya Polres Karanganyar, Rabu 1 November 2017. Selain itu, polres juga sosialisasi kepada masyarakat umum bahwa 1 November awal dimulainya operasi  tersebut.

Ada hal yang menarik dalam sosialisasi dilakukan jajaran Polantas Polres Karanganyar. Beberapa anggota polisi mengenakan kostum tokoh kesenian lokal, yaitu Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji.

Unit sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Kanit Dhikyasa Polres Karanganyar Iptu Nawangsih. Sosialisasi dilakukan di perempatan pegadaian Jalan Raya Lawu Karanganyar tepatnya di perempatan lampu merah depan pegadaian.

”Kita berharap pada pengguna jalan agar mereka tertib berlalu lintas di sepanjang waktu saat mengendarai kendaraan. Jangan hanya kalau ada Operasi Zebra Candi saja,” kata Iptu Nawangsih.

Lebih jauh, perwira pertama Polres Karanganyar ini mengungkapkan latar belakang pemilihan kostum sosialisasi yang dikenakan anggotanya. Yakni memilih kostum seni tradisi panji. ”Selain untuk mengenal budaya local, kita juga agar komunikatif dengan para pengguna jalan,” paparnya.


Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Henik Marwanto mengatakan, tujuan Operasi Zebra Candi 2017 ini menciptakan situasi tertib lalu lintas bagi pengguna jalan.

”Kita menyadari  dalam mengatasi permasalahan pelanggaran tidak bisa diam saja. Maka tahun ini kita upayakan Operasi Zebra Candi 2017 dapat menekan berbagai pelanggaran dan angka kecelakaan. Dan yang lebih penting kedisplinan pengguna jalan meningkat  meski  tidak ada operasi,” tegas dia.