Kabupaten Karanganyar Tuan Rumah Jambore Formi se Jawa-Bali. Ini Agendanya…

Baliho Jambore Formi se- Jawa/Bali yang terpampang di Karanganyar, Jumat 3 November 2017. (Suroto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar jadi tuan rumah Jambore ke-10 se Jawa-Bali. Penyelenggara kegiatan ini Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi). Event olahraga berbasis wisata edukasi ini akan digelar di GOR RM Said, Karanganyar, Sabtu-Minggu 4-5 November 2017.

Seidaknya ada 21 cabang olahraga yang akan dilombakan selama pelaksanaan jamboree. Direncanakan terbagi dalam tiga kelompok, yakni kelompok olahraga tradisional dan kreasi budaya, kelompok olahraga kesehatan dan kebugaran, serta kelompok olahraga petualangan dan tantangan.

”Tahun ini, jambore Formi diselenggarakan di Karanganyar. Dari 21 cabang olahraga itu, diklasifikasi. Seluruh kontingen dari Jawa dan Bali,” kata Ketua Formi Karanganyar Sumarno kepada wartawan, Jumat 3 November 2017.

Kelompok olahraga tradisional dan kreasi budaya mempertandingkan 7 cabang. Yakni gateball, hadang, egrang, dagongan, terompah panjang, tarik tambang dan bumerang. Lalu kelompok olahraga kesehatan dan kebugaran mempertandingkan 13 cabang. Yakni senam jantung Indonesia, senam tera, senam Porpi, langkah dansa, SSI, senam diabetes, SABI, senam Formi, senam gemuh famire, poco-poco olahraga, aerobik, TONNIS dan bola sundul.

Sedangkan kelompok olahraga petualangan dan tantangan mempertandingkan satu cabang, yakni panco. Para peserta jambore selain berkompetisi juga dipersilakan mengunjungi objek wisata menarik di Karanganyar. Ia berharap banyak kepada para peserta menyuguhkan performa terbaiknya. Utusan dari Karanganyar juga telah dipersiapkan matang menjawab tantangan dari para lawannya.


Humas Formi Karanganyar Bambang Sugito mengatakan, jambore itu diselenggarakan di Karanganyar bukan tanpa alasan. Penunjukan venue di Bumi Intanpari berdasarkan hasil musyawarah kerja Formi Jateng. Rencananya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membuka jambore tahunan itu.