Musim Hujan Tiba, Ini Himbauan Tim Medis RSCH Klaten ke Masyarakat…

Pemeriksaan kesehatan gratis tim medis RSCH Klaten di Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Sabtu 18 November 2017. (Joko Larsono/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-KLATEN-Tim medis Rumah Rakit Cakra Husada (RSCH) Klaten mengimbau masyarakat untuk sering menguras bak air di rumah. Selain bak air, yang harus diperhatikan juga mengantisipasi adanya genangan air di lingkungan rumah. Langkah preventif ini dilakukan seiring memasuki musim penghujan.

Tim medis RSCH Klaten dr Leni Rahmawati memimpin pemeriksaan gratis di Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Sabtu 18 November 2017. Dalam pemeriksaan gratis tersebut, menurut data dari tim medis RSCH, didominasi penyakit ringan. Seperti asam urat, flu, encok, pusing pusing, serta pegal-pegal.

Pada musim penghujan ini diharapkan masyarakat sering melakukan pengurasan pada bak mandi. Kemudian menutup bak mandi dan apabila melihat ada jentik pada bak langsung dimatikan.

”Kebetulan dalan pemeriksaan ini belum ditemukan tanda-tanda penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Hanya penyakit ringan. Ya, kalau ada yang terkena gelaja DB harus segera dibawa ke rumah sakit biar dilakukan penangganan oleh dokter. Sebab, penyakit tersebut bisa menimbulkan kematian,” katanya.

Dikatakan, memasuki musim penghujan pada akhir Oktober hingga November di tahun ini baru beberapa orang yang memeriksakan terkait penyakit DB. Penyakit tersebut bisa segera teratasi,  tidak sampai menimbulkan kematian. ”Kami mengimbau jangan sampai ada genangan air dekat rumah dan selalu menjaga kebersihan bak mandi,” kata Leni.

Suryono (50), warga setempat mengaku senang di desanya ada pengobatan gratis. ”Memeriksakan kolesterol. Ya ternyata rendah kolesterol. Adanya pengobatan ini sangat membantu warga disini,” kata dia.