NU dan PKB Sragen Bertemu Satu Forum Siapkan Calon di Pilbup 2020

Ketua DPC PKB Sragen Mukafi Fadli bersama pengurus PCNU Sragen memberi keterangan pers Senin 25 Juni 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sragen dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sragen duduk satu forum Senin 25 Juni 2018. Salah satu agenda yang dirembuk yakni mulai menyiapkan calon wakil bupati (cawabup) untuk diusung Pilbup 2020 mendatang dari kader NU.

Forum tersebut dikemas dalam sarasehan di kantor DPC PKB Sragen. Usai pertemuan antara pimpinan PCNU Sragen dan PKB Sragen, Ketua Tanfidziah PCNU Sragen Makruf Islamudin menyampaikan, ada koordinasi antara kedua pengurus.

”Sampai saat ini belum ada nama. Baru akan disiapkan. Ini baru mencari caleg-caleg yang ada di DPR. Namun agenda ke depan disiapkan,” tuturnya.

Dia menegaskan untuk cawabup ke depan pasti disiapkan. Demikian juga dari PKB Sragen sudah minta dari para kiai NU. Langkah dari PKB juga sudah direstui sejumlah kiai NU Sragen.

”Sinerginya diharapkan antara NU dan PKB ini ada sambungan. Karena dalam sejarahnya PKB lahir dari NU. Secara keorganisasian NU khitah, namun personal orangnya tidak dilarang dalam berpolitik,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Syuro PKB Sragen dr. Agus Budiarto menjelaskan, ibu kandung dari PKB adalah NU. Faktor sejarah ini tidak bisa dipisahkan antara NU dan PKB.

Meski masih 3 tahun lagi, namun nama para kader NU yang akan diusung PKB sudah cukup banyak. ”Ada tapi masih rahasia. Sudah saatnya kader NU mewarnai perpolitikan di Kabupaten Sragen,” ujarnya.