Tangan Terampil Darnoto Warga Sukorejo Memecah Batu di Lokasi TMMD Kodim Sragen

Darnoto, warga Dukuh Pondok, Desa Sukorejo, Sambirejo, Sragen, memecah batu di lokasi TMMD, Jumat 19 Oktober 2018. (Huriyanto/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Reguler ke-103 Kodim 0725/Sragen dipusatkan di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo. Salah satu sasarannya adalah membangun embung yang akan dimanfaatkan warga buat pengairan pertanian, perikanan, dan tempat wisata.

Kesempatan ini digunakan oleh warga sekitar untuk mengasah kepiawaian memecah batu gunung. Seperti yang dilakukan salah satu warga bernama Darnoto (50). Warga Desa Pondok RT 12, ini yang keseharianya sebagai petani ternyata piawai memecah batu gunung.

Batu-batu sebesar kepala sapi ini dengan mudahnya dia belah. “Yang penting caranya pak, jangan tenaganya. Fokus pada teknik memecah batu,” tuturnya, di hadapan prajurit TNI yang ikut gotong royong Jumat pagi 19 Oktober 2018.

Pada awalnya Darnoto hanya memukul-mukul membuat celah cara memecah batu besar tersebut. Alat yang digunakan besi kecil yang sudah diruncingkan. Setelah itu ditancapkan besi lagi lebih besar kurang lebih sebesar tiga jari. Kemudian sekali pukul batu tersebut terbelah.

“Kami berharap pembangunan embung ini segera selesai. Hasilmya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar Desa Sukorejo. Terimakasih Pak TNI bakti penjenjangan akan selalu kami kenang dan akan tularkan kepada anak cucu kami,” kata Darnoto.