1 JCH Asal Bantul DIY Tertunda Karena Corona

JCH Kloter 19 dari Kabupaten Bantul ini merupakan kloter kedua dari Provinsi DIY yang masuk ke embarkasi Solo, setelah sebelumnya kloter 18 dari Kabupaten Sleman. (yull/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng –Boyolali- Kloter 19 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Bantul – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tiba di embarkasi Solo, pada Kamis 16 Juni 2022 pagi.
JCH Kloter 19 dari Kabupaten Bantul ini merupakan kloter kedua dari Provinsi DIY yang masuk ke embarkasi Solo, setelah sebelumnya kloter 18 dari Kabupaten Sleman.
Menurut Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis, jemaah calon haji dari Kabupaten Bantul ini seharusnya berjumlah 360 yang terbagi 356 jemaah haji dan 4 petugas haji, namun ada satu jemaah yang terpaksa ditunda keberangkatannya karena yang bersangkutan dalam hasil tes PCR masih menunjukkan positif covid19. Satu jemaah tersebut saat ini masih menjalani isolasi mandiri di Kabupaten Bantul dan jika sudah negatif covid jemaah tersebut akan diikutkan di kloter haji selanjutnya.
” Jemaah yang akan berangkat untuk kloter 19 itu data awal kita dapat melakukan pendataan itu ada 360 orang. Nah setelah dilakukan tes PCR ada satu orang yang positif sehingga hari ini kita menyerahkan 359 orang. yang satu orang mohon doa restunya di tes PCR kedua bisa negatif sehingga bisa diberangkatkan pada kloter berikutnya, masih karantina mandiri di Kabupaten Bantul,” kata Sekda Bantul saat menyerahkan jemaah haji kepada PPIH Embarkasi Solo.
Terpisah Koordinator Humas, PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudi menyebut, tadi pagi JCH Kloter 19 dari Kabupaten Bantul sudah masuk dan diterima PPIH Embarkasi Solo. Sesuai jadwal, PPIH Embarkasi Solo kembali akan menerima Kloter 20 yang berisi JCH dari Bantul, Kulonprogro dan Kota Yogyakarta, pada pukul 17.00 WIB.
“ Dijadwalkan, Kloter 21 dari Kabupaten Gunung Kidul, Jogja akan tiba di Asrama Haji Donohudan ini pada pukul 11.00 WIB,” jelasnya.
Kloter 21 yang akan tiba di Embarkasi itu akan menjadi penutup pemberangkatan JCH pada gelombang 1. Sementara itu, hingga hari ini sudah sebanyak 18 kloter yang diberangkatkan ke tanah suci. Sebanyak 6.081 JCH telah tiba di Madinah.
“ Kloter 18 baru siang ini kita berangkatkan menuju Arab Saudi. Kalau kloter 18 sudah sampai, ada sebanyak 6.456 JCH yang sudah berada di Madinah,” imbuhnya.