Embarkasi Solo Sambut Kedatangan Tamu Allah

Fokus Jateng-Boyolali-Kloter satu jemaah haji dari Embarkasi Solo dijadwalkan akan tiba di tanah air pada Jumat 15 Juli malam nanti. Sebanyak 151 petugas Embarkasi Solo disiapkan untuk proses pemulangan jemaah haji dari daerah Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Menyambut kedatangan jemaah haji, pada Jumat 15 Juli 2022 pagi sebanyak 151 petugas satgas PPIH Embarkasi Solo mengikuti apel di Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah. 151 satgas yang berisikan dari petugas dari Kemenag, Kantor Kesehatan Pelabuhan serta TNI/Polri ini sudah bertugas di Embarkasi Solo sejak tanggal 13 juli kemarin, di masa pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi satgas PPIH ini akan bertugas melayani jemaah mulai dari turun pesawat hingga kembali ke daerah asal.

“Pada prinsipnya saat ini Embarkasi Solo sudah menyiapkan 151 satgas untuk menyambut kedatangan tamu Allah di masa pemulangan ini ya. Jadi 151 satgas ini sudah bertugas sejak 13 Juli dan sudah dikukuhkan oleh wakil ketua 1 PPIH itu bapak Kakanwil Daerah Istimewa Jogjakarta pada 13 Juli sore dan sudah melaksanakan simulasi baik simulasi yang ada di bandara maupun simulasi yang ada di asrama haji donohudan,” kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, Jumat 15 Juli 2022.

Menurut Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, jemaah haji kloter satu Embarkasi Solo, asal Kabupaten Pati , Jawa Tengah dijadwalkan akan tiba di tanah air melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada Jumat 15 Juli malam pukul 22.15 WIB. Selanjutnya jemaah akan dibawa ke asrama haji untuk prosesi pemulangan dan dijadwalkan akan disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gus Yasin Maimun.

Dijelaskan jemaah haji kloter satu saat tiba di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan akan melewati alat pengukur suhu panas tubuh, jika ada jemaah yang terindikasi mempunyai suhu panas di atas normal yakni 37.5 derajat selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan medis di klinik embarkasi

“Jadi nanti jamaah itu datang landing diperkirakan untuk kloter 1 itu landing pada pukul 22 15 nanti ada butuh proses evakuasi jamaah ini. Pertama yang sakit apa, nanti kita dahulukan untuk turun lalu nanti juga ada proses trasportasi dari bandara menuju embarkasi, Insyaallah kloter satu ini nanti akan disambut dan dilepas untuk berangkat ke Kabupaten Pati oleh bapak Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin di Asrama Haji Donohudan,” papar Sarip Sahrul.

Sebagaimana diberitakan, pada proses pemberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Solo, sebanyak 15447 jemaah dari Provinsi Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke Arab Saudi. Dalam proses pelaksanaan ibadah haji ini ada 8 jemaah dari Embarkasi Solo yang wafat di Arab Saudi.