Jemaah Haji Embarkasi Solo Terus Berdatangan

Jamaah haji terus berdatang di Embarkasi Solo. (doc). (Yull/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-Boyolali-
Sebanyak 710 jemaah haji berasal dari dua Kabupaten, yakni Pati dan Jepara serta delapan petugas haji tiba di Embarkasi Solo dan langsung dipulangkan ke daerah asal.
Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin menyebut  kloter pertama dengan rincian 356 jemaah haji dan empat petugas haji. Kloter pertama ini tiba di Embarkasi Solo pukul 23.30. Kkoter pertama ini berasal dari Kabupaten Pati.
“Untuk kloter kedua mendarat di Bandara Adi Soemarmo pukul 06.24. Dan langsung kami terima di Dembarkasi Solo untuk prosesi penerimaan dan pemulangan ke daerah masing-masing,” kata Sarip pada Sabtu 16 Juli 2022.
Kloter kedua ini berasal dari Pati dan Jepara dengan rincian 354 jemaah Haji dan empat petugas Haji. Sehingga total sudah ada 710 jamaah haji dan delapan petugas haji yang tiba di Tanah Air. Pada penerimaan kloter kedua ini jemaah haji tidak lengkap 360 orang. Sebab, ada dua jamaah haji asal Pati, Subagi Darsono Daud dan jemaah haji asal Jepara Muhammad Rodli Tamam yang wafat di Mekkah.
“Kami juga melakukan swab test acak dengan mengambil 10 persen dari total jemaah tiap kloter. Alhamdulillah hasilnya negatif semua. Setelah prosesi penerimaan, langsung dipulangkan ke daerah masing-masing,” katanya.
Disebutkan,  total jemaah haji yang masih di Arab Saudi sebanyak 14.721 orang.
“Ada 16 jemaah haji yang sakit dan menjalani perawatan. Yakni 11 jemaah yang dirawat di KKHI Mekkah dan lima dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Sedangkan jemaah haji yang meninggal ada delapan orang,” imbuhnya.
Adapun kloter ketiga asal Jepara dan Grobogan baru diberangkatkan dari Jeddah pukul 12.05 waktu Arab Saudi (WAS) pada Sabtu 16 Juli. Diperkirakan tiba di Indonesia pada 17 Juli pukul 05.10. Kemudian jemaah haji yang sakit ada 16 orang.