Serunya Semangat Gerak Jalan Warga Jembungan Banyudono

FOKUS JATENG-BOYOLALI-
Semarak menyambut HUT RI, sudah menjadi tradisi rutin mayarakat Indonesia untuk mengisi dengan berbagai kegiatan seperti perlombaan, pagelaran seni hingga tasyakuran. Tidak mau ketinggalan, merayakan HUT RI ke-77, wilayah Kadus 3, Desa Jembungan, Kecamatan Banyudono berinisiatif menggelar jalan sehat bersama, pada Minggu 21 Agustus 2022.
Sejak pagi, ratusan warga sudah berkumpul di lapangan tersebut. Mereka berasal dari Dukuh Jetak, Dukuh Menoro, Kwojokulon dan Kwojowetan dan guru dan karyawan SMPN 2 Banyudono. Yang menarik, warga Dukuh Kwojowetan yang masuk Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit pun diajak serta acara tersebut.
Gerak jalan dengan start dan finish di lapangan timur SMPN 2 Banyudono ini dilepas langsung Camat Banyudono, Jarot Purnama dan peserta diajak menjelajahi jalan seputar kawasan desa setempat. Setelah itu, peserta kembali ke tempat semula untuk dilakukan undian doorprize. Peserta juga dihibur musik campursari.
Kades Jembungan, Suwarno menyatakan, jalan sehat tersebut bakal dijadikan model untuk kegiatan serupa pada tahun berikutnya. Sehingga kegiatan bisa lebih difokuskan dengan jumlah peserta lebih banyak. Tidak lagi berkutat disetiap pedukuhan.
“Desa Jembungan terdiri dari 4 kadus, sehingga bisa digelar bergantian. Sekaligus untuk mengakrabkan warga di setiap kadus,” katanya disela kegiatan.
Camat Banyudono, Jarot Purnama juga mengapresiasi kegiatan jalan sehat HUT RI tersebut. Selain sebagai sarana olahraga, sekaligus untuk menambah keakraban sesama warga. Diharapkan, model jalan sehat tersebut bisa diterapkan di desa- desa lainnya.
“Kegiatan jalan sehat HUT Kemerdekaan RI ini juga sebagai upaya untuk mengingat jasa- jasa para pahlawan. Dan tugas kita semua untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan.” (*)