KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6 Ajak Warga Desa Kelola Pangan Lokal untuk Tingkatkan Gizi

KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6 sebagai pengisi acara yang akan melaksanakan kegitan Sosialisasi dan Pelatihan untuk Dusun Majan, Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. (doc.alvia/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SOLO–Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menggelar Sosialisasi pentingnya mengoptimalkan bahan pangan lokal untuk ketahanan pangan di Dusun Majan, Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.
Alvia Prajna Paramitha, salah satu peserta KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6 mengemukakan guna mengoptimalkan bahan pangan lokal untuk ketahanan pangan, peserta KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6, berupaya mendorong pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan Kerjo dalam mengolah sumber pangan lokal. Mengingat, potensi sumber daya pangan lokal merupakan potensi yang besar bagi masyarakat Indonesia.
“Melalui upaya diversifikasi pangan agar tidak terpaku pada salah satu jenis makanan pokok saja, terlebih pada masa pasca pandemi COVID-19 ini yang dapat meningkatkan serta memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Program diversifikasi pangan merupakan salah satu alternative untuk mengatasi masalah pertumbuhan konsumsi,” jelas Alvia dalam rilis yang disampaikan, Minggu 21 Agustus 2022.
Oleh karena itu, ketahanan pangan ditingkatkan dan dikembangkan untuk menjaga kebutuhan pangan bagi masyarakat. Dengan melakukan langkah nyata dalam mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumberdaya dan potensi yang sangat besar dalam menghasilkan pangan lokal disetiap wilayah.
“Dengan memberikan pemaparan materi tentang ketahanan pangan berbasis sumberdaya pangan lokal bagi PKK Dusun Majan. Akan sangat berguna memenuhi nilai gizi pada masa pasca pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut memberikan pemaparan materi tentang ketahanan pangan berbasis sumber daya pangan lokal bagi ibu-ibu PKK di Dusun Majan,” papar Alvia.
Menurut Alvia, tujuan lain dari sosialisasi tersebut,untuk meningkatkan ketahanan pangan pada sumber daya pangan lokal, selain itu juga untuk mengembangkan berbagai produk olahan pangan lokal yang memenuhi nilai gizi bagi masyarakat Dusun Majan.
“Kami berharap kegiatan sosialisasi ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat agar dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan ketahanan pangan. Juga agar masyarakat mengerti upaya potensi sumber daya pangan lokal pada lingkungan sekitar yang berguna untuk meningkatkan ketahanan pangan,” ungkapnya.
KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6 sebagai pengisi acara yang akan melaksanakan kegitan Sosialisasi dan Pelatihan untuk Dusun Majan, Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut diikuti oleh PKK Dusun Majan. Adapun Alvia Prajna Paramitha merupakan salah satu pembicara yang mewakili Tim KKN-T MBKM UNISRI Kelompok 6 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Agustus 2022. (*)