Tak Peduli Hujan, Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian Maulid Nabi di Alun- alun Kidul Boyolali

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Derasnya hujan tak menyurutkan semangat ribuan jamaah hadir memadati Alun-Alun Kidul Boyolali, pada Sabtu 8 Oktober 2022 malam. Mereka hadir berduyun-duyun tak hanya dari wilayah Boyolali saja namun juga dari berbagai daerah seperti Klaten, Magelang, Grobongan, Salatiga hingga Semarang untuk mengikuti pengajian akbar. Acara yang menghadirkan ustadz atau tausiahnya dari Habib Hasan Al Jufri dari Semarang dan dimeriahkan grup rebana Az Zahir bersama Habib Zainal Abidin Assegaf dari Kota Pekalongan
Diawali penampilan panggung sholawat yang melantunkan shalawat menghipnotis ribuan pengunjung. Ribuan zahir mania, fans majelis rebana Az-Zahir dari berbagai daerah tampak dengan semangat melantunkan setiap shalawat. Mereka juga atraktif dengan menggerakkan berbagai umbul-umbul yang mereka bawa.
Acara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Penceramah, Habib Achmad Alhabsy mengawali kajiannya dengan mengajak para jamaah yang hadir untuk mengucapkan syukur atas nikmat yang Allah berikan. Dengan bersyukur diyakini akan selalu dijaga oleh Allah SWT.
“Hari ini kita tujuannya selain berdzikir kepada Allah, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW kita juga tasyakuran, bersyukur dengan kenikmatan besar yang Allah berikan,” kata Habib Hasan Al Jufri.
Turut hadir pada pengajian akbar itu, Bupati Boyolali M Said Hidayat, Wakil Bupati Wahyu Irawan serta jajaran forkopimda Boyolali.
Terpisah, Sekda Boyolali Masruri mengatakan semua elemen hadir untuk meramaikan kegiatan tersebut, baik warga muslim atau nonmuslim, karena acara pengajian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW terdapat pula kaitannya dengan acara kebangsaan.
“Ini pengajian terbesar setelah pandemi mereda. Jadi, kami memang harus imbang, wayangan ada, seni ada, pengajian juga ada,” jelas dia.
Masruri mengatakan ada sekitar 10.000 warga yang hadir dari berbagai daerah di Jawa Tengah.
“Hujan tidak menyurutkan jamaah untuk hadir untuk bersholawat bersama Habib Zaenal Abidin, dan mengikuti tausiah dari Habib Hasan Al Jufri,” ujarnya. (*)