Benpuas Inovasi Kelurahan Banaran Boyolali Buka Layanan Malam Hari

Lurah Banaran, Kecamatan Boyolali Fajar Ferlyswanto (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Kantor Kelurahan Banaran Kecamatan Boyolali layanan malam hari melalui Benpuas. Inovasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Benpuas ini singkatan dari Banaran Night Public Service. Layanan ini akan kami launching malam nanti,” ujar Lurah Banaran, Fajar Ferlyswanto, pada Rabu 19 Oktober 2022 siang.
Dijelaskan, sesuai namanya, maka layanan tersebut dilakukan pada malam hari. Untuk sementara baru tiga hari dalam seminggu. Yaitu, Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 19.00- 21.00. Adapun layanan mencakup layanan administrasi, kependudukan, kesehatan dan aduan keamanan dan ketertiban umum.
“Khusus untuk layanan kesehatan baru dilayani pada Rabu malam oleh bidan setempat,” ujarnya.
Untuk petugas layanan, akan dilakukan secara bergilir. Namun, khusus untuk dirinya selaku lurah serta babinmas dan babinkamtibmas sudah sepakat akan selalu hadir setiap malam dibukanya layanan tersebut. Sekaligus untuk kegiatan koordinasi.
Fajar mengemukakan, dibukanya layanan malam hari berawal dari banyaknya aduan dan kedatangan warganya pada hari Minggu. Mereka beralasan tidak bisa meninggalkan pekerjaan pada pagi dan siang hari. Sehingga terpaksa datang pada hari Minggu karena libur kerja.
“Ada juga warga yang datang ke rumah perangkat pada malam hari, ya maklum karena pada pagi hingga petang mereka kerja di pabrik. Terkait hal itu, maka kami gagas layanan Benpuas ini. Saat kami sampaikan kepada petugas lainnya, mereka juga mendukung,” katanya.
Banaran Night Public Service ini, imbuh Fajar, juga memberikan layanan yang membutuhkan tindak lanjut seperti kependudukan dan catatan sipil, yang tidak harus selesai pada sekali pertemuan. “Seperti jika dibutuhkan lanjutan ke Kantor Disdukcapil, petugas siap mengurus. Dan surat yang dibutuhkan nanti bisa diambil pada layanan malam selanjutnya,” ujar Fajar.
Camat Boyolali Kota, Suwarno mengapresiasi dibukanya layanan Benpuas Kelurahan Banaran tersebut. Kendati demikian, Camat mengingatkan agar perangkat harus pintar-pintar membagi waktu, mengingat pada pagi hari mereka juga masih memberikan layanan di kantor, “Kami setuju dan menyatakan salut. Diharapkan, layanan ini semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami berharap layanan ini bisa diadopsi kelurahan lain di Boyolali Kota,” ujar Suwarno. (*)