Delapan Benda Diduga Granat Gegerkan Warga Gladagsari

FOKUS JATENG – BOYOLALI-Warga Desa Ngargoloka, Kecamatan Gladagsari Boyolali, dibuat geger. Ini gara-gara ditemukan delapan benda diduga granat ketika hendak menggali pagar pembatas makam.
Granat ditemukan warga secara tidak sengaja, ketika kerja bakti akan membuat pagar pembatas makam, dikarenakan makam yang terletak di Dusun/Ngargoloka tersebut memang rawan longsor.
“Jadi itu kerja bakti buat pagar makam. Lalu digali, pas kedalaman satu meter, warga menemukan delapan butir granat habis jumatan tadi. Wong seukuran kaleng susu kental manis itu,” ujar Kades Ngargoloka, Gladagsari, Jarwanto. Jumat 28 Oktober 2022.
Saat ditemukan, delapan granat tersebut dalam kondisi berdekatan. Dia menduga, senjata peledak tersebut memang dikumpulkan dalam satu lubang. Kondisi granat juga sudah berkarat. Dia meminta warganya berhati-hati. Karena dikhawatirkan granat masih aktif dan bisa meledak. 
“Magrib tadi, pihak polisi sudah meluncur ke lokasi. Mau dipasangi police line dulu di makam. Karena diperkirakan di sana masih banyak benda-benda seperti itu. Jadi sementara ya, warga waspada,” katanya. 
Menurut Jarwanto, temuan senjata-senjata yang diduga sisa perang tersebut memang bukan kali pertama. Bahkan warga Ngargoloka juga pernah menemukan mortir saat mencangkul di ladang. Dan dari cerita tutur, desa memang diketahui pernah menjadi markas Belanda saat zaman penjajahan. (*)