Pertama Pasca Pandemi Covid-19, FKIP UNS melepas Mahasiswa untuk PLP Internasional di Universiti Kebangsaan Malaysia dan Thepsatri Rajabhat University, Thailand

Pelepasan Mahasiswa secara simbolik yang Dilakukan oleh Dekan FKIP yang Disaksikan Orang Tua Mahasiswa (doc.uns/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG -SOLO –Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas SebelasMaret (FKIP UNS) Surakarta terus melanjutkan program percepatan internasionalisasi fakultas. Program yang dikelola oleh tim internasionalisasi FKIP UNS ini selaras dengan upaya UNS menuju World Class University (WCU).
Salah satu program internasionalisasi FKIP UNS adalah memfasilitasi kegiatan Pengenalan lapangan Persekolahan (PLP) bagi mahasiswa di luar negeri, baik dalam bentuk pertukaran mahasiswa antar universitas maupun penugasan di sekolah Indonesia luar negeri. Sebelum pandemi COVID-19, program PLP Internasional diadakan melalui dua jenis pemberangkatan yaitu melalui koordinasi dengan Sekretariat SEAMEO (South East Asian Minister of Education Organisation) dan Program Kerjasama Bilateral UNS dengan kampus mitra yang biasa sebut U to U. Program yang berada di bawah naungan SEAMEO Bernama “Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project)” sedangkan yang berada di bawah naungan Kerjasama Bilateral biasa disebut dengan PLP Internasional U to U.
Menurut Dr. Bramastia, M.Pd, Dosen Pascasarjana FKIP UNS Surakarta, pada tahun 2022 ini, program yang dapat dilaksanakan adalah program PLP Internasional U to U. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pedagodik dan keterampilan mengajar bagi mahasiswa calon guru sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk mendapatkan pengalaman di lingkungan global.
“Pada PLP Internasional U to U kali ini, 16 orang akan diberangkatkan dari UNS untuk melakukan Magang Mengajar Internasional di Universiti Kebangsaan Malaysia ada 4 orang dan 12 orang di Thepsatri Rajabhat University,” kata Bramastia, pada Rabu 2 November 2922.

Adapun mahasiswa FKIP UNS yang mengikuti Program PLP Internasional U to U tahun 2022 adalah sebagai berikut:
No. Nama Mahasiswa Program Studi Universitas Tujuan
1 Zulma Raisa Sosiawi PG-PAUD Thespsatry Rajabhat University
2 Tri Ulfatu Chasanah PG-PAUD Thespsatry Rajabhat University
3 Hena Zahra Azhar PGSD Thespsatry Rajabhat University
4 Esti Kaeksi PGSD Thespsatry Rajabhat University
5 Intan Fatma Sari Pendidikan Bahasa Inggris Thespsatry Rajabhat University
6 Intan Elyana UP Pendidikan Biologi Thespsatry Rajabhat University
7 Kiat Ramdan Sumadi Pendidikan Biologi Thespsatry Rajabhat University
8 Eriza Nadya Putri Pendidikan IPA Thespsatry Rajabhat University
9 Syifa Maulidya A Pendidikan IPA Thespsatry Rajabhat University
10 Mi’raj Akbar Pradianto Pendidikan Ekonomi Thespsatry Rajabhat University
11 Rania Milenia Pendidikan Fisika Thespsatry Rajabhat University
12 Shabrina Devinta Poetry Pendidikan Kimia Thespsatry Rajabhat University
13 Salsabilla Faradikha F Pendidikan LuarBiasa UniversitiKebangsaan Malaysia
14 Pinasti Cahya Pratiwi Pendidikan LuarBiasa UniversitiKebangsaan Malaysia
15 Syifa’ Ansori Pendidikan LuarBiasa UniversitiKebangsaan Malaysia
16 Fatin Afifah Istiqomah Pendidikan LuarBiasa UniversitiKebangsaan Malaysia

Dijelaskan, keenambelas mahasiswa PLP Internasional tersebut sudah mengikuti sebagian rangkaian PLP di tanah air. Rangkaian kegiatan PLP yang seharusnya dijalankan mahasiswa di sekolah mitra local UNS selama 3 bulan, dalam konteks kegiatan PLP internasional ini dilakukan dalam tahapanl okal 2 bulan dan internasional 1 bulan.

“Yang melaksanakan PLP Internasional di Universiti Kebangsaan Malaysia sudah berangkat pada 30 Oktober 2022 kemarin dan kembalike UNS pada tanggal 27 November 2022 sedangkan yang keThepsatri Rajabhat University akan berangkat pada 4 November besok dan kembalike UNS pada tanggal 3 Desember 2022,” ujarnya.
Sedangkan pelepasan PLP internasional kali ini dilakukan secara Hybrid yang dihadiri oleh dekan FKIP, Dr. Mardiyana, M.Si, Internasional Office FKIP, Kepala Program Studi yang mahasiswa yang lolos seleksi, mahasiswa peserta PLP internasional, dan juga orang tua mahasiswa. (*)