Tabung Gas Bocor, Dapur dan Kandang Hangus

Damkar Boyolali melakukan pendinginan kandang yang terbakar (doc.damkar/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG- BOYOLALI-Satu orang warga Dusun Ngliyangan RT 27/RW07. Desa/Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali mengalami luka bakar serius dan harus mendapatkan penanganan medis di rumah sakit, pada Rabu 2 November 2022.
Peristiwa nahas itu menimpa Supardi, berawal saat korban Supardi, menjelang subuh, memasak air menggunakan tungku bahan bakar kayu. Pada saat bersamaan tak jauh dari tungku tersebut. Ibu supardi memasang regulator tabung gas elpiji. Diduga kurang sempurna saat memasang regulator mengakibatkan terjadinya kebocoran pada tabung gas 3 kilogram. Tanpa diduga, hembusan gas yang bocor itu langsung disambar api dari tungku, hingga menimbulkan ledakan keras. Selain dapur dan kandang, api dengan cepat menyambar material apapun yang mudah terbakar.
“Ada kebocoran gas 3 kilogram kemudian terjadi ledakan gas dan menyambar stok pakan rumput,” kata Kabid Damkar Satpol PP Boyolali Dono Rumekso.
Dijelaskan, korban mengalami sejumlah luka pada bagian tubuhnya akibat terbakar api yang menyambar tabung LPG 3 kilogram yang mengalami kebocoran.
“Korban menglami luka bakar dan sudah mendapatkan penanganan dan perawatan medis. Korban Bapak Supardi mengalami luka bakar pada bagian punggung dan tangannya,” kata Dono.
Menurut Dono, saat terjadi kebakaran warga langsung melapor ke kantor Damkar Boyolali, bahwa api semakin membesar. Selanjutnya, upaya pemadaman oleh Damkar dilakukan pukul 05.15. WIB. Api dilokalisasi dan melalui tahap pendinginan hingga pemadaman dinyatakan selesai pukul 06.17.WIB.
“Penyebabnya kebocoran gas, ada satu korban luka dan sudah menjalani perawatan. Kalau kerugian ditaksir sekitar Rp20.000.000,” pungkasnya.(*)