Buruan Beli Sekarang, Tiket KA Liburan Natal dan Tahun Baru Sudah Disiapkan

Penumpang kereta api sudah bisa memesan tiket mulai sekarang menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (ist/didik kartika/Fokusjateng.com)

FOKUSJATENG-SOLO –Bagi penumpang kereta api (KA) yang sudah menjadwalkan bepergian pada liburan Natal danTahun Baru, segera mempersiapkan diri untuk memesan tiket perjalanan KA mulai sekarang.
Sebagaimana dikutip dari situs resmi PT KAI, www.kai.id, PT KAI (KeretaApi Indonesia) menginformasikan, sudah mulai membuka penjualan tiket KA untuk liburan Natal danTahun Baru (Nataru) 2022/2023 secara bertahap mulai 7 November 2022. Dengan demikian, PT KAI sudah melayani penjualan tiket pada H-45 keberangkatan.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo kepada media mengatakan, selama ini PT KAI menjual Tiket KA Nataru mulai H-30 sebelum keberangkatan. Menjelang periode libur Nataru KAI mengubah menjadi H-45 sebelum keberangkatan.
“KAI melakukan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan TahunBaru 2023 jauh-jauhhari,” ujarnya..
Tiket KA Nataru tersebut termasuk kereta api jarak jauh dan menengah yang ada di Daop 6 Yogyakarta.
Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Tiket KA Nataru itu dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.
“Kami juga mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam meng-input tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju kestasiun agar tidak tertinggal keretanya,”lanjut Franoto dalam siaran pers yang dibagikan kesejumlah media, Minggu 6 November 2022.
Untuk syarat naik kereta api, lanjut Franoto, KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022, dimana pelanggan KA Jarak Jauh denganusia 18 tahun keatas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.
“KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di keretaapi, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan,” lanjut dia.
Untuk informasi tiket, masyarakat bisa mengakses Contact Center KAI melalui
telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Didik Kartika)