Dikunjungi Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah, Boyolali Siapkan 17 Gedung Transit

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 akan diselenggarakan  Sabtu-Minggu 19-20 November 2022 di Solo, Jawa Tengah. Dipastikan akan dihadiri ribuan penggembira Muktamar dari luar kota. Mendukung acara tersebut di Boyolali sendiri ada 17 gedung sekolah yang disiapkan dengan kapasitas 3.740 penggembira.
“Nantinya, sekolah-sekolah tersebut akan digunakan sebagai transit dan penginapan. Sekolah diminta untuk menyemarakan sesuai kondisi masing-masing,” kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Boyolali, Selasa 15 November 2022.
Bahkan, sudah ada yang memesan tempat. Seperti di SMK Andong sudah dibooking penggembira asal Jawa Timur.
“Kita siapkan tempat tidur, dalam arti ya yang sederhana saja. Misalnya pakai karpet atau tikar, tapi ada beberapa sekolah juga mempersiapkan bantal. Kalau dukungan logistik hanya sekedarnya saja. Sebagai tuan rumah yang baik ya kita sediakan makanan ringan dan minum. Tapi untuk makan siang, kita tidak siap,” katanya. 
Ditambahkan tidak menutup kemungkinan, warga Muhammadiyah di sekitar sekolah akan memberikan bantuan logistik sesuai kemampuan. Selain itu, pembagian lokasi menginap penggembira juga diatur oleh panitia pusat Muktamar. Namun, sudah ada beberapa daerah yang telah memesan langsung. Dia memastikan Boyolali siap menerima gelombang penggembira. Termasuk melaporkan ketersediaan tempat transit dan penginapan.
“Kapasitasnya, satu toilet untuk sepuluh penggembira. Jadi disesuaikan, dan dari 17 gedung sekolah itu, bisa menampung sampai 3.740 penggembira. Persiapannya sesuai kekuatan kita,” jelasnya. 
Adapun 17 sekolah yang disediakan antara lain, SD Muhammadiyah PK Ampel, SMP Muhammadiyah 03 Ampel, SD Muhammadiyah PK Andong, SMP Muhammdiyah PK 2 Andong, SMP Muhammadiyah 10 Andong, SMA Muhammadiyah 04 Andong. 
Kemudian, SMK Muhammadiyah 2 Andong, SD Muhammadiyah PK Banyudono, SD Muhammadiyah Sambon Banyudono, SMP Muhammadiyah 07 Banyudono, SD Muhammadiyah PK Boyolali, SMK Muhammadiyah 04 Boyolali, SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak, SMP Muhammdiyah 11 Nogosari, SMK Muhammadiyah 03 Nogosari, SMP Muhammadiyah 4 Sambi dan SMA Muhammadiyah PK Sambi. (*).