Embung Bendosari Jadi Tempat Favorit Untuk Memancing

Embung Bendosari ini belakangan ini cukup tenar di kalangan masyarakat Sawit dan sekitarnya. karena juga menjadi salah satu tempat bersantai dan wisata memancing. (yull/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-Desa Bendosari, Kecamatan Sawit memiliki satu embung, yakni Embung Bendosari. Embung ini belakangan ini cukup tenar di kalangan masyarakat Sawit dan sekitarnya. karena juga menjadi salah satu tempat bersantai dan wisata. Sebelumnya embung ini hanya menjadi wadah tangkapan air saat musim penghujan. Kemudian pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) setempat berupaya menata Embung Bendosari menjadi salah satu wahana hiburan bagi warga, diantaranya menjadi salah satu tujuan untuk memancing .
” Ini baru tahap pertama. Jadi wahana memancing ini cukup potensial untuk dkembangkan di Embung ini,” kata Direktur BUMDES Dewa Lima Sari Bendosari, Danar Dono, Selasa 15 November 2022.
Untuk tahap pertama ini, ditebar sebanyak 200 kilogram ikan nila merah. Setiap pengunjung yang berniat memancing bakal dikenakan biaya Rp 25 ribu.
” Itu untuk hari Minggu setelah taburan. Kalau sore sampe malam Rp 15 ribu. Kemudian kalau hari biasa Rp 10 ribu,” jelasnya.
Pengelolaan Embung ini selain untuk menambah pendapatan Desa, juga sebagai upaya untuk menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Warga masyarakat sekitar bisa mendapatkan keuntungan dari keramaian Embung ini dengan berjualan di sekitar Embung.
” Kedepan tanah kas desa yang ada di sebelah timur Embung ini juga akan kita garap sebagai wahana out Bond atau kegiatan lainnya,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Bendosari, Daryono mengatakan selama ini Embung hanya dibiarkan begitu saja. Terkait hal tersebut, pihaknya pun mendorong agar dimanfaatkaan. Diantaranya dengan membuat wahana wisata memancing. Dengan pengelolaan embung ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.
” Setelah kami kelola menjadi salah satu tempat bersantai dan wisata ini. Lambat laun tanah desa yang ada di sekitar Embung akan kita manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan ekonomi,” pungkasnya. (*)