Ferry Indrianto, Nahkoda Baru Kadin Surakarta

Ketua Kadin Surakarta, Ferry Indrianto, yang terpilih secara aklamasi memberikan sambutan. Dalam sambutannya, dirinya akan memegang amanah dan menjalin kerja sama dengan banyak pihak. (Didik kartika/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG – SOLO – Semangat baru, harapan baru. Itulah yang tergambar pada Kadin Surakarta ke depan, setidaknya selama periode 2022-2027.
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta, baru saja melangsungkan Musyawarah Kota (Mukota) VII pada 16 November 2022.
Pada perhelatan tersebut, Ferry Septha Indrianto terpilih secara aklamasi untuk memimpin Kadin Surakarta selama 5 tahun ke depan. Menjadi nahkoda baru di tubuh Kadin Surakarta, Ferry ingin merangkul banyak pihak untuk bersinetrgi membangun Surakarta.
“Saya berjanji akan bekerjasama dengan berbagai pihak, stakeholder dan pemerintah kota,” ujarnya usai terpilih pada Mukota VII di Ndalem Danar Hadi Solo, Jalan Bayangkara, Solo.
Terpisah dia mengatakan, tidak akan melupakan anggota-anggota senior. “Karena saya ini mungkin Ketua Kadin termuda di Solo ya mas. Maka saya perlu membangun komunikasi dengan para senior,” tandas Ferry kepada Fokusjateng.com, Selasa 16 November 2022.
Pria kelahiran 1982 ini mengatakan, langkah awal yang akan dilakukannya adalah membentuk kepengurusan baru dan membangun komunikasi dengan berbagai pihak.
Ada yang cukup menarik pada perhelatan Mukota VII Kadin Surakarta. Selain pertanggungjawaban pengurus lama, agenda yang ditunggu adalah suksesi Ketua Kadin.
Menginjak pemaparan visi dan misi para calon ketua, salah satu kandidat, Farid Sunarto menyatakan mundur dari calon ketua.
Usai Farid menyatakan mundur, hampir seluruh peserta yang berada di ruangan, menyeruak maju untuk memberikan support pada keputusan Farid.
Farid yang didampingi isteri, Sri Yanti SPd MPd, banjir menerima rangkulan dan salaman dari anggota Kadin di ruangan itu.
Mereka tampak terharu, saat Farid mengambil sikap mundur sebagai calon ketua. Pimpinan sidang, Mustofa, sempat memberi waktu beberapa menit untuk kemudian kembali melanjutkan agenda berikutnya.
“Dengan persetujuan seluruh peserta musyawarah kota, saya selaku pimpinan sidang menetapkan saudara Ferry Sephta Indrianto menjadi ketua Kadin Surakarta periode 2022-2027,” tegas pimpinan sidang dan menutupnya dengan mengetok palu sebanyak tiga kali.
Dalam Mukota VII Kadin Surakarta, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang hadir saat itu, memberikan sambutan, agar siap pun ketua Kadin yang terpilih bisa mendukung program-program Pemkot Surakarta.
“Kami minta tolong agar yang menjadi ketua Kadin bisa membantu kami untuk mengawal program-program kami,” ujar putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.
Disebutkan Gibran, bahwa Kota Solo sedang banyak mengerjakan program-program unggulan. Salah satunya me-rebranding Jurug Solo Zoo menjadi Solo Safari. Kemudian revitalisasi Pasar Jongke serta Lokananta.
Untuk itu, Gibran meminta agar ketua dan pengurus Kadin yang baru bisa bersinergi dengan Pemkot Surakarta untuk mendukung program-prgram tersebut.
Sementara itu, Ketua Kadin sebelumnya, Gareng S Haryanto mengatakan, pengurus yang baru harus bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang selama 10 tahun ini menorehkan kesan dan prestasi yang baik.
“Tidak usah muluk-muluk. Tantangan Kadin Surakarta ke depan harus lebih baik,” ucap Gareng. Dirinya berharap, agar Kadin harus bisa berkolaborasi dengan banyak pihak. (Didik Kartika)