Teknisi Anatomi Patologi Indonesia Kumpul di Kampus Universitas Setia Budi (USB). Apa yang Dibahas?

Pengurus ITPAI - Para pengurus Ikatan Teknisi Patologi Anatomi Indonesia (ITPAI) berfoto usai Temu Ilmiah Nasional di Kampus Universitas Setia Budi (USB) Solo. Tampak Ketua ITPAI Jawa Tengah, Suwarto, S.Tr.Kes, S.KM, M.Kes (tengah), duduk bersama pengurus lain. (Didik Kartika/Fokusjateng.com/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG–SOLO– Sebagai perguruan tinggi yang peduli pada ilmu kesehatan, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta berkesempatan ditunjuk sebagai tuan rumah Temu Ilmah para teknisi patologi.

“Kampus kami berkesempatan menjadi tuan rumah Temu Ilmiah Ikatan Teknisi Patologi Anatomi Indonesia (ITPAI) Nasional. Yang menggelar acara tersebut ITPAI Jawa Tengah,” ujar Swastika Ardhana, Humas USB kepada Fokusjateng.com, Rabu (23/11/2022) di kampus setempat.

Dalam rilis yang disampaikan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 300 peserta. “Pesertanya adalah teknisi laboratorium patologi anatomi dan para akademisi yang mengajar di program studi Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dari berbagai provinsi di Indonesia,” terang perempuan yang disapa Tika tersebut.

Ketua ITPAI Jateng, Suwarto, S.Tr.Kes, S.KM, M.Kes menyebutkan, seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, teknisi patologi anatomi dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuannya baik di bidang pra-analitik maupun analitik.

“Teknisi Patologi Anatomi memiliki peran penting di laboratorium dalam menunjang tugas dokter spesialis patologi anatomi dalam memeriksa dan membuat diagnosis kelainan atau penyakit, maupun perannya di dunia riset,” papar Suwarto.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan temu ilmiah antara para teknisi Laboratorium Patologi Anatomi yang bekerja di rumah sakit dan di pusat-pusat laboratorium diagnostik.

Salah satu isu yang dibahas, sambung Suwarto, tentang penanganan pemeriksaan sel dan jaringan tumor ganas, yang saat ini kasusnya banyak terjadi di masyarakat.

Tema yang diusung dalam Temu Ilmah tersebut, Tika mengatakan, ‘Peran ATLM dalam Pemeriksaan Sitologi dan Histopatologi untuk Membantu Menegakkan Diagnosa Kanker’. Digelar di Gedung A.1.1 Universitas Setia Budi Surakarta, Minggu (20/11/2022) kemarin.

ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik-red), dikatakan, memiliki peran yang cukup penting dalam kasus seperti yang dibahas dalam Temu Ilmiah tersebut.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari beberapa praktisi laboratorium Patologi Anatomi, di antaranya Suwarto, S.Tr.Kes.,S.KM.,M.Kes, Juliati, A.Md.AK, dan Tinuk Eka Rahmawati, A.Md.AK.

Selain itu kegiatan ini juga mendatangkan salah satu Dokter Spesialis Patologi Anatomi sekaligus Ketua Persatuan Dokter Patologi Anatomi Indonesia (IAPI) Cabang Surakarta, dr Brian Wasita, Sp.PA(K).Ph.D. Dia menjelaskan mengenai Standar Kualitas Sediaan Sitologi dan Histologi untuk Mendukung Diagnosis Tumor. (Didik Kartika)