Puncak Hari Jadi Ke-72 DPRD Boyolali Ditandai Sejumlah Prestasi

Ketua DPRD Boyolali Marsono memotong tumpeng memperingati Hari Jadi ke-72 DPRD Boyolali (yull/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Rapat paripurna istimewa DPRD Boyolali menjadi penanda puncak peringatan Hari Jadi ke-72 DPRD Boyolali, pada Kamis 29 Desember 2022 di Pendopo Gede dipimpin langsung Ketua DPRD, Marsono.
Turut Hadir dalam acara tersebut, seluruh anggota DPRD Boyolali, Bupati M Said Hidayat dan Wabup Wahyu Irawan, jajaran Forkopimda, pimpinan organisasi perangkat daerah serta sejumlah undangan lainnya.
Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Marsono berharap peringatan Hari Jadi ke-72 DPRD Boyolali menjadi titik tolak budaya perubahan. Yaitu, berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik.
“Secara khusus saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu, para sesepuh, alim ulama, tokoh pendidikan, dan seluruh warga kabupaten boyolali yang telah mewarnai perubahan kabupaten boyolali, semoga sumbangsih tersebut menjadi tanda mata bagi generasi saat ini dan juga bagi generasi mendatang,” kata Marsono dalam sambutannya.
Dijelaskan, peringatan Hari Jadi ke-72 ini merupakan peringatan yang keenam kalinya diselenggarakan oleh DPRD Boyolali. Dan kegiatan ini adalah yang pertama kali digelar secara meriah setelah pandemi COVID-19.
Sebelumnya berbagai kegiatan telah digelar untuk memberikan hiburan bagi masyarakat. Termasuk jalan sehat berhadiah 10 buah sepeda motor yang juga diisi dengan pentas hiburan penyanyi asli Boyolali, Abah Lala yang tenar dengan lagunya “Ojo Dibandingke”.
“Hiburan akan ditutup dengan pentas wayang kulit malam ini,” katanya.
Ditambahkan, selama kurun waktu tahun 2022, DPRD telah pembahasan berbagai Ranperda bersama Bupati melalui tim pembahas. Juga menginisiasi beberapa Ranperda Inisiatif. Diharapkan, Ranperda yang telah dibahas bermanfaat bagi masyarakat.
“Selama kurun waktu tahun 2022 ini, DPRD telah melaksanakan apa yang menjadi salah satu tugas fungsinya yakni membahas ranperda bersama Bupati Boyolali melalui tim pembahas Ranperda yang telah ditunjuk oleh bupati, serta menginisiasi beberapa Ranperda inisiatif. Semoga Ranperda yang telah dibahas tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kabupaten Boyolali.”
Selain itu, tahun 2022 ini juga, DPRD juga mendapat beberapa penghargaan. Antara lain, penghargaan Green Leadership dari Kementerian Lingkungan Hidup atas komitmen DPRD dalam pengelolaan lingkungan.
DPRD Boyolali juga menerima penghargaan dari KPK sebagai instansi dengan tingkat kepatuhan LHKPN 100 persen selama empat tahun berturut- turut sejak 2018- 2021. “Tahun 2022 ini, DPRD juga mendapatkan beberapa penghargaan antara lain penghargaan green leadership dari Kementerian LH atas komitmen DPRD dalam pengelolaan lingkungan, penghargaan ini didasarkan pada data tahun 2020 dan diterimakan pada Juli 2022, tahun 2022 ini juga menerima piagam penghargaan dari KPK sebagai instansi dengan tingkat kepatuhan LHKPN 100% selama 4 tahun berturut-turut (tahun 2018-2021) yang diterimakan pada Desember 2022. Penghargaan ini tak lepas dari kerjasama yang baik antara DPRD dengan Bupati serta dukungan seluruh masyarakat.” (*)