Hendak Menyebrang, Seorang Siswi SMP di Boyolali Meninggal Tersenggol Tronton

FOKUS JATENG-BOYOLALI – Seorang siswi SMP di Boyolali meninggal dunia, setelah tersenggol truk tronton di persimpangan jalan Semarang-Solo di sekitar terminal bus Penggung Boyolali, pada Kamis 25 Mei 2023 sekitar pukul 16.30.
Korban berinisial SAK (15). Siswi kelas VIII, SMP N 5 Boyolali, Peristiwa itu terjadi tepatnya di Jalan Semarang – Solo, tepatnya di Dukuh Ringinsari Rt/Rw 04/08 , Desa penggung, Kecamatan/Kabupaten Boyolali. Dikabarkan, seperti biasanya untuk ke sekolah korban diantar oleh ibunya, Tutik Nurcahyati (50) berangkat dari rumahnya di Dukuh Rekuning RT 01, RW 02, Desa Banyuannyar, Kecamatan Ampel, Boyolali. Dengan diboncengkan sepeda motor Yamaha Mio AD 3427 DQ.
Saat itu, selain memboncengkan korban, Tutik juga memboncengkan cucunya yang berusia 6 tahun yang duduk di depan. Cucunya yang berinisial MV itu akan sekalian diantar ke sekolah TK yang ada di Boyolali.
Menurut salah satu saksi mata, Raharjo (53) saat itu Sepeda Motor yang diboncengi korban melaju pelan saat akan menyebrang ke jalan alternatif Penggung-Cepogo. Namun tersenggol truk Hino tronton yang melaju dari arah belakang ( Semarang –Solo).
” Jadi dari habis lampu merah itu, sepeda motor di tengah mau menyebrang ke sini (jalan alternative Winong). Akan tetapi, tiba-tiba dari arah belakang itu truk melaju kencang terus nyerempet anak yang diboncengi tadi. Terus jatuh, terkena (terlindas) ban belakang truk yang nyerempet itu,” kata warga Desa Penggung, Kecamatan Boyolali.
Setelah terlindas truk boks tronton bernomor polisi T-8953-AL, korban yang terjatuh langsung tergeletak dilokasi kejadian, dari kepala korban dikabarkan mengalir darah. Kecelakaan ini langsung ditangani Satlantas Polres Boyolali. Selanjutnya, petugas yang datang ke lokasi kejadian langsung mengamankan sejumlah barang bukti termasuk mengamankan pengemudi truk dan pengendara motor ke Mako Satlantas untuk dimintai keterangan.
“Korban meninggal dunia satu orang,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Ipda Bambang Nova.
Menurut Bambang Nova, truk tronton dari arah Semarang menuju Solo. Sesampainya di TKP menyenggol kendaraan di depannya yang mau belok ke kanan. Akibatnya korban terjatuh dari motor dan terlindas roda belakang truk. Korban yang luka parah kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun nyawanya tidak terselamatkan.
“Jadi motor itu tidak jatuh sama sekali. Itu yang bonceng (korban) yang kecantol. Tasnya yang kecantol (bak truk),” pungkasnya. (**)