Tingkatkan Keterampilan dan Kepekaan Satpol PP Boyolali Gelar Latsar

Para anggota Satpol PP Boyolali tidak hanya baris berbaris, mereka juga harus rela merayap dan berlari di parit berlumpur. (doc/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-BOYOLALI-90 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Boyolali kembali mengikuti kegiatan pelatihan dasar kepamongprajaan. Kegiatan ini digelar diarea Lapangan Karenggeneng Boyolali kota. Selasa 18 Juli 2023.
Kepala Satpol PP Boyolali Sunarno mengatakan kegiatan itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan 4 kali dalam setahun. Selain untuk meningkatkan keterampilan dan kepekaan anggota, salah satu tujuan kegiatan ini juga untuk menumbuhkembangkan jiwa korsa anggotanya.
“Pelatihan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan, kedisiplinan dan etika personil Satpol PP Boyolali, salah satunya etika dalam menghadapi masyarakat. Jadi kami laksanakan latihan PBB dan sejumlah latihan phisik lainnya.” Jelas Sunarno.
Seperti yang terlihat saat pelatihan di lapangan karanggeneng, puluhan anggota Satpol PP Boyolali tidak hanya baris berbaris, mereka juga harus rela merayap dan berlari di parit berlumpur. Kemudian mereka juga harus berguling serta menahan semprotan air dari selang Damkar .
Tidak hanya pria saja, anggota Satpol-PP Boyolali yang wanita juga mengikuti hal yang sama. Menurut Sunarno, kegiatan pelatihan dasar ini juga untuk membentuk kedisiplinan, profesionalitas dan kerjasama para anggota Satpol-PP dalam mengamankan peraturan daerah (perda) dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
“Ini sebagian dari bentuk jiwa korsa sesama anggota dalam menumbuhkan komunikasi yang kuat dan ramah sesama anggota satpol damkar untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam ketertiban keamanan sesuai dengan tupoksi kewenangan yang ada dalam Satpol PP menuju Boyolali aman sejahtera untuk enak dilewati enak dikunjungi dan enak ditempati Boyolali metal,” imbuhnya.
Kendati melewati pelatihan semi militer, lanjut Sunarno, anggota Satpol-PP ini tetap bersemangat dan kompak. Apalagi Instruktur atau pelatihan didatangkan dari Kodim 0724/Boyolali dan Instruktur dari internal Satpol-PP Kabupaten Boyolali sendiri.
“Pelatihan ini ditangani internal Satpol PP dan instruktur dari Kodim 0724/Boyolali dan itu wajib diikuti, agar memahami bahwa mendapatkan kepamongprajaan itu tidak mudah.” (**)