Truk Tronton Terguling Muatan Kayu Lapis Berhamburan di Boyolali

FOKUS JATENG-BOYOLALI- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Boyolali tangani kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang terjadi sekitar pukul 18.15 WIB, melibatkan truk tronton dan mobil minibus, di Alun-alun Lor, jalur lingkar utara Boyolali. Rabu 19 Juli 2023.

Identitas dari peristiwa laka lantas truk tersebut, truk tronton bernomor polisi (Nopol) polisi N-9518-UQ yang terguling setelah mengalami rem blong dan minibus Daihatsu Grandmax yang dikemudikan Joko Purwanto (44) warga Plosokerep, Winong, Boyolali.

“Tidak ada korban jiwa. Dua orang mengalami luka ringan dan sekarang sudah mendapat perawatan di rumah sakit,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali, Ipda Bambang Nova.

Insiden tersebut menurut Nova terjadi sekitar pukul 18.15 sore. Bermula ketika truk tronton bermuatan kayu lapis itu melaju di jalan Prof Soeharso atau jalur lingkar utara Boyolali dari arah barat menuju timur. Ketika hendak belok ke kanan mengarah ke jalan Solo – Semarang. Truk diduga mengalami rem blong.

“Saat di jalan menurun itu, diduga rem truk tronton tidak berfungsi dengan baik. Mau belok ke kanan, ke arah Tegalwire (jalan Solo – Semarang) takut truknya malah terguling. Kemudian mengambil kiri, lurus ke arah jalan pintu tol Boyolali,” jelasnya.

Truk tronton sempat menghantam sebagian taman di tikungan jalan itu. Namun terus melaju dan menabrak mobil Grandmax AA-8051-E

“Truk tronton menyenggol mobil Grandmax yang melaju dari arah rumah sakit Al Hidayah atau dari timur ke barat dan hendak belok ke kiri, ke arah Tegalwire,” Katanya.

Kemudian truk tronton terguling ke kanan di selatan miniatur borobudur atau di depan kantor Perumda Air Minum Tirta Ampera Boyolali. Muatan kayu lapis itu pun berhamburan di jalan.

“Beruntung tidak sampai menabrak bundaran miniatur borobudur. Tapi terguling di sisi selatan,” katanya disela evakuasi truk yang terguling.

Adapun mobil grandmax mengalami kerusakan di bagian depan sisi kanan.

“Sopir dan penumpang grandmax selamat semua.  Untuk sopir dan kernet truk tronton mengalami luka ringan. Keduanya sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis,” ujarnya. (**)