Puan Maharani Kunjungi Sentra Kerajinan Tembaga Tumang Cepogo

Fokus Jateng-BOYOLALI-Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi sentra kerajinan tembaga dan kuningan di Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis 11 Januari 2024.
Puan tiba di sentra perajin tembaga dan kuningan sekitar pukul 14.10 WIB, kedatangan Puan disambut meriah ratusan warga Tumang, mereka pun berebut menyalami. Usai menyapa warga, Puan selanjutnya melihat-lihat proses kerajinan tembaga dan kuningan di David Art Gallery, milik Arkanudin.
Puan Maharani didampingi Bupati Boyolali M Said Hidayat, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Ketua DPRD Marsono, serta sejumlah kepala daerah di Solo Raya, yakni Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakoso, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Bupati Klaten, Sri Mulyani.
Dalam kunjungan itu, Puan mengatakan dari keterangan Kepala Desa penduduk sekitar 9.300 jiwa, yang menjadi pengusaha kerajinan tembaga dan kuningan sekitar 200 orang. Warga yang mengukir dan menempa kerajinan tembaga dan kuningan sekitar 1.000 orang.
“Saya meminta Pak Bupati untuk membantu agar sentra usaha mikro kecil menengah (UMKM) ini terus berjalan dan kemudian juga ada regenerasi dibantu pelatihan untuk perajin, agar produk kerajinan tembaga dan kuningan menjadi lebih baik dan modern,” kata Puan.
Puan menambahkan saat ini di Boyolali dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) sudah ada pendidikan muatan lokal.
“Tadi saya sudah meminta kedepannya bersama-sama membangun satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang bukan hanya khusus pelatihan kerajinan kuningan dan tembaga tetapi juga berhubungan dengan UMKM di Boyolali.”
Sementara itu, Arkanudin (51), pemilik “David Art Gallery” mengaku bangga dan senang atas kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani.
“Mbak Puan ingin membantu para perajin tembaga di desa ini, melalui Pak Bupati agar para perajin lebih maju dan sukses,” katanya. (**)