Ratusan Pelajar SMP Hingga SMA/SMK Silat Ikuti Popda Sukoharjo

Fokus Jateng- SUKOHARJO, – Sebanyak 160 pesilat berlaga mewakili sekolah mengikuti Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Sukoharjo. Dua kategori dipertandingkan yakni kategori tanding dan seni tunggal. Hal ini dikatakan Ketua Panitia Cabor Silat, Punjung Prasetyo saat dikonfirmasi.

” Hal ini untuk menindaklanjuti Pengprop Jateng terkait Popda di setiap kabupaten dan kota, ” tandasnya.

Selanjutnya, IPSI sebagai pelaksana melakukan seleksi Jumat 08 Maret 2024 dan Sabtu 09 Maret 2024. Secara rinci peserta putra ada 105 pelajar dan putri sebanyak 62 pelajar. Mereka merupakan peserta dari tingkat pelajar SMP dan SMA/SMK sederajat.

” Untuk tanding putra dari kelas A sampai G. Tapi ada kelas yang tidak dipertandingkan yakni kelas B, ” ujar Punjung.

Sedangkan untuk putri dari kelas A hingga H tapi yang tidak dipertandingkan kelas C dan D. Selanjutnya, untuk seni tunggul putra sebanyak 5 peserta silat dan putri ada 6 peserta silat. Untuk mereka yang lolos akan melalui tahapan eks karisidenan Surakarta dengan target 2 emas .

” Mereka ini mewakili sekolah-sekolah tempat mereka belajar selama ini, “terang Punjung.

Sementara itu menurut salah satu kepala pelatih peserta silat, Agung Huma mengatakan ada 8 pesilat dibawanya. Mereka mewakili sekolahan SMK Negeri 1 Sukoharjo, SMK 5 sukoharjo, SMA N 2 Sukoharjo, SMA Negeri 1 Kartasura dan SMP N 2 Tawangsari . Target lolos semua untuk kejuaraan ini dan pengalaman juara daerah pelajar. (A. Nuryanto)