FUADAH UIN Salatiga Gelar Workshop Manajemen Program Studi Unggul : Penyusunan ISK Peringkat Akreditasi dan Borang Akreditasi 9 Kriteria

Fokus Jateng-SALATIGA- Menyongsong APT Unggul Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora Universitas Islam Negeri Salatiga melaksanakan workshop Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) peringkat akreditasi dan Borang Akreditasi 9 Kriteria. Workshop dimaksudkan untuk menjaga mutu Program Studi melalui penjaminan mutu eksternal oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Supardi, S.Ag., M.A. saat membuka kegiatan Workshop tersebut, mengemukakan bahwa kegiatan ini untuk managemen program studi unggul, melalui penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi Fuadah serta penyusunan Borang Akreditasi 9 kriteria. “Semua prodi diharapkan mencapai hasil yang maksimal. Kegiatan diikuti oleh Pengelola Fuadah dan tim fakultas di dampingi oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Salatiga yang mengarahkan setiap standar akreditasi,” katanya. Rabu 12 Juni 2024.

Adapun kegiatan workshop tersebut digelar pada Senin sampai dengan Rabu (10-12 Juni 2024) di Hotel Grand Dian Guci Tegal.

Disebutkan dalam workshop ini prodi dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora yang dipersiapkan dalam penyusunan dokumen ISK meliputi: Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Program Studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IAT), Program Studi Ilmu Hadis (IH), dan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Sedangkan penyusunan dokumen reakreditasi disiapkan oleh Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI). Kegiatan ini didampingi oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Salatiga.

“Workshop ini juga dalam rangka Dies Natalis UIN Salatiga ke 54 dan menyongsong Akreditasi Perguruan Tinggi menuju Akreditasi Unggul,” imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Dr. Tri Astutik Haryani, M.Ag. serta Ketua LPM UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pada kesempatan itu Dr. Tri Astutik Haryani, M.Ag. berharap prodi yang mengikuti kegiatan ini dapat menyiapkan dokumen yang bisa terukur secara kualitas dan kuantitas yang terukur dengan baik. Sehingga apa yang didapat sesuai dengan rubrik akreditasi dapat terpenuhi semua.

Dr. Tri Astutik Haryani, M.Ag menambahkan bahwa ukuran keberhasilan Unit pengelola Program Studi (UPPS) adalah terakreditasinya program-program studi yang bernaung dibawahnya. “Keberhasilan ini juga akan mempengaruhi akreditasi Universitas yang menuntut prosentasi prodi unggul yang lebih banyak. Dengan demikian Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora UIN Salatiga ikut berkontribusi mewujudkan Akreditasi Universitas yang unggul.” (ist/**)