Bupati Yuni Rampungkan Perbaikan Jalan Sepanjang 860 Km di Wilayah Sragen

Bupati Yuni saat peresmian jalan perdesaan. (/Fokusjateng.com)

FOKUS JATENG-SRAGEN-Pemkab Sragen berhasil memperbaiki sembilan titik jalan perintis perdesaan. Perbaikan itu dilakukan pemerintahan yang dijabat Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Dengan demikian, total jalan yang sudah dirampungkan perbaikannya mencapai 860 kilometer (km) dari total jalan kabupaten 1000 km.

Salah satu jalan perintis perdesaan yang diperbaiki yaitu Dukuh Buakcepit, Kecamatan Gondang. Jalan penghubung Desa Gringging-Dukuh Banyurip, Kecamatan Sambungmacan, jalan Dukuh Wuni, Desa Banyurip,Kecamatan Jenar. Kemudian jalan Dukuh Grabagan- Dukuh Kerjan-Dukuh Brakbunder, Kecamatan Tangen. Jalan
Dukuh Pondok, Desa Bandungsogo, Kecamatan Ngrampal. Jalan Dukuh Karangmanis, Desa Pandak, Kecamatan Sidoharjo. Jalan Desa Peleman – Desa Nganti, Kecamatan Gemolong. Jalan Dukuh Karangwaru, Desa Dari, Kecamatan Plupuh dan Jalan Desa Jabung – Desa Sidokerto, Kecamatan Plupuh.

Mbak Yuni, sapaan akrabnya mengatakan, selain melakukan perbaikan jalan antarkecamatan, Pemkab Sragen juga memperbaiki jalan perintis desa. Program perbaikan jalan perintis desa yang masuk skala prioritas ada 16 titik di 20 kecamatan. Hanya saja, untuk menyesuaikan anggaran dilakukan perbaikan secara bertahap dan tahun ini ada sembilan titik.

“Bahkan dari perbaikan awal ini masih perlu menyambung lagi untuk pengerjaan tahun berikutnya. Seperti di jalan di Dukuh Karangmanis, Desa Pandak panjang jalan 2,4 km. Namun baru bisa dilakukan perbaikan 1,1 km. Sehingga sisanya dianggarkan tahun depan untuk perbaikan,” terangnya kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Jalan yang diperlukan baik itu bukan jalan kabupaten, melainkan milik desa. Hanya saja, jalan tersebut sangat vital dan diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan pemberdayaan warga makan melalui SK Bupati ada program perbaikan jalan perintis desa. Perbaikan jalan itu dimulai tahun 2024. Sedangkan untuk jalan kabupaten, awal pemerintahan Bupati Yuni tahun 2016 jalan yang baik baru 53 persen. Saat ini perbaikan jalan kabupaten sepanjang 1000 km mencapai 86 persen. (HY)