Bentuk Karakter UMK Tangguh, Kuat, dan Mandiri, Pertamina Berikan Pelatihan Pembentukan Karakter Berbasis ESQ bagi Mitra Binaan

Fokus Jateng-Surakarta, – Pertamina menggelar pelatihan bagi mitra binaan, khususnya yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan fokus pada pembentukan karakter berbasis Emotional & Spiritual Quotient (ESQ) yang dilaksanakan selama 2 hari pada Senin-Selasa 24-25 Juni 2024 di salah satu hotel di Surakarta. Sebanuyak 30 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) menjadi peserta pelatihan ini.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, dari pelatihan ini, Pertamina ingin membentuk karakter mitra binaannya menjadi pelaku usaha yang tangguh, kuat, dan mandiri.

”Banyak yang belum tahu, bahwa kecerdasan tidak hanya terdiri dari kecerdasan intelektual atau intelegent quotient (IQ) saja, tetapi ada kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, yaitu dikenal dengan Emotional Spiritual Quotient atau ESQ,” ungkap Brasto dalam rilisnya.

Menurutnya, berdasarkan riset, kesuksesan seseorang dalam hidup 80% dipengaruhi kecerdasan ESQ, sementara IQ hanya 20%.

”Terlebih, menjadi seorang pengusaha tidak mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi setiap harinya agar bisninya mampu bertahan dan berkembang. Untuk itu dibutuhkan kecerdasan emosional dan spiritual yang baik,” imbuhnya.

Salah satu peserta mitra binaan Pertamina, Eni, pemilik usaha Azil Gas menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang ia terima.

”Pelatihan ini telah membuka mata hati kami, bahwa untuk menjadi sukses dalam hidup tidak hanya fokus pada kesuksesan usaha semata, tapi juga dengan memenuhi tanggung jawab pribadi, terlebih sebagai seorang pengusaha,” tutur Eni.

Hal serupa juga disampaikan peserta lainnya, Wukir Santoso pemilik usaha di bidang perdagangan belut. Menurutnya ada perubahan yang dialami ke arah yang lebih baik dari pelatihan yang diberikan.

”Kami merasakan perubahan yang sangat luar biasa dari pelatihan kareakter berbasis ESQ ini. Mudah-mudah dalam kita menjalankan bisnis di bidang masing-masing mampu membersihkan lingkaran hitam yang membelenggu di dalam hati kita, agar menjadi pribadi dan pengusaha yang sukses seutuhnya,” kata Wukir.

Pertamina menggandeng salah satu lembaga training professional, ACT Accelerated Transformation sebagai fasilitator pelatihan. Eka Chandra, professional trainer yang menjadi fasilitator utama dalam pelatihan mitra binaan Pertamina menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang menjalankan program pembinaan tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis usaha saja, tapi lebih dari itu juga keterampilan mengelola kecerdasan emosi dan spiritual yang dapat mendukung kesuksesan dan kebahagiaan.

”Langkah ini menjadi bukti bahwa Pertamina peduli kepada pelaku usaha mikro dan kecil dengan memperhatikan pembangunan karakter para mitra binaannya yang sangat penting untuk dimiliki dalam menjalankan usahanya,” pungkas Eka.( ist/**)