Gibran minta Kaesang segera temui Puan, ada apa? 

Fokus Jateng-SOLO, – Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka berpendapat agar Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga adik bungsunya, Kaesang Pangarep, jangan maju di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Gibran mengungkapkan hal itu saat mendapatkan pertanyaan dari wartawan seputar peluang Kaesang di Pilkada DKI Jakarta.

“Ah, kalau Kaesang jangan di Jakarta lah,” ucap Gibran saat ditemui di Gedung DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, usai menghadiri rapat paripurna, Senin, 8 Juli 2024.

Gibran menampik saat ditanya apakah kegiatan yang sering dilakukannya di Jakarta dalam beberapa waktu terakhir ini untuk melihat peluang Kaesang maju di Pilkada DKI Jakarta. Ia juga membantah kunjungannya di beberapa tempat di Ibu Kota itu di antaranya untuk “meng-endorse” sang adik.

“Saya di Jakarta tidak ada hubungannya dengan Kaesang. Ngapain endorse dia? Nggak,” ujarnya menegaskan.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa keberadaannya di Jakarta hingga harus bolak-balik Jakarta-Solo aadalah untuk memenuhi undangan dan menghadiri sejumlah acara. Dia mengakui saat ini semakin banyak undangan acara yang diterimanya.

“Memang ada undangan-undangan. Rabu (10 Juli 2024) saya balik ke Jakarta karena akan ada pertemuan. Memang makin banyak undangan tapi saya pastikan pada jam kerja tetap di sini (Solo),” ungkap dia.

Kemudian ia kembali menegaskan bahwa agenda-agendanya di Jakarta tidak ada kaitannya dengan Kaesang. Saat berada di Jakarta itu, ia mengakui sempat sekaligus mengunjungi sejumlah tempat untuk belanja masalah atau studi banding.

“Sudah saya jelaskan kemarin kan. Dua minggu yang lalu. Saya mampir untuk belajar penataan kota Jakarta. Ada beberapa permasalahan yang sama dengan Solo seperti banjir, kemacetan, kawasan kumuh. Terakhir kemarin saya ngecek banjir, kali dikeruk,” tutur dia.

Saat disinggung apakah di Jakarta juga sudah mulai ada pembahasan tentang kabinet atau penempatan menteri-menteri, Gibran menjawab tidak.  (A. Nuryanto/**)