Digitalisasi Analisis Dan Pengendalian Dampak Lalu Lintas Dishub Boyolali, Proses Lebih Mudah dan Cepat

Fokus Jateng- BOYOLALI,– Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali memiliki inovasi digitalisasi analisis dan pengendalian dampak lalu lintas. Terobosan ini dicanangkan guna meningkatkan layanan publik yang effektif, efisien dan akuntabel serta tidak diskriminatif.

“Jadi, dibidang lalu lintas dan angkutan memiliki sebuah terobosan untuk peningkatan layanan publik, hal ini intinya untuk mewujudkan harapan masyarakat,” kata Ragil Pambudi Kabid lalulintas dan angkutan Dishub Boyolali. Sabtu 13 Juli 2024.

Dia mengatakan tujuan inovasi digitalisasi analisis dan pengendalian dampak lalulintas ini adalah sebagai upaya memberikan pelayanan publik yang lebih mudah, cepat, adanya kepastian, tidak diskriminatif kepada masyarakat pengguna layanan tersebut.

Menurut Ragil melalui terobosan ini akan ada peningkatan pelayanan prima untuk kepuasan kepada masyarakat pengguna layanan. Karena yang semula menggunakan sistem konvensional beralih ke sistem digitalisasi, tentunya akan dapat mempermudah masyarakat saat membutuhkan pelayanan publik dari Dinas Perhubungan Kabupaten Boyolali.

“Layanan ini bisa di buka di kanal layanan website dinas perhubungan. Dimana ada dua layanan, pertama terkait informasi analisis dan pengendalian dampak lalulintas, dan kedua adalah pengajuan layanan persetujuan teknis.”

Dia mengatakan inovasi ini juga didasari banyaknya pemohon yang jauh-jauh datang hanya untuk menanyakan terkait analisis dan pengendalian dampak lalulintas hingga mekanismenya.

“Mereka juga tanya terkait mekanisme dan informasi layanan lainnya, misalnya yang akan membangun perumahan beberapa unit itu masuk kriteria analisis dampak lalulintas atau tidak? Lalu caranya atau mekanismenya bagaimana?”

Sejauh ini, lanjut Ragil sudah ada sekitar 17 orang yang mencari informasi layanan, bahkan menanyakan informasi terkait kepentingan industri hingga properti.

“Kalau masih manual mereka harus datang sampai beberapa kali, tetapi dengan adanya layanan digital ini masyarakat cukup sekali membuka website sudah dapat layanan seperti yang diharapkan,” katanya.

Pihaknya berharap dengan website ini akan dapat memenuhi harapan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan prima terkait analisis dan pengendalian dampak lalu lintas di Kabupaten Boyolali. (**)