Ini Manfaat Aplikasi Mamase di RSPA Boyolali

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Digitalisasi Tata Kelola Administrasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSPA) Boyolali, memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan. Transformasi ini membawa sejumlah manfaat yang signifikan, mendukung efisiensi operasional, memberikan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau dan berkualitas.

Menurut Kabid Penunjang Pelayanan Rumah Sakit Pandan Arang, Nugroho Wahyu Susiswo, penggunaan teknologi dalam layanan rumah sakit saat ini menjadi sebuah keharusan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Akan tetapi, peningkatan digitalisasi tata kelola administrasi pemeliharaan sarana dan prasarana juga menjadi hal penting dalam menentukan jalannya pelayanan di RSPA.

“Dimana sarana, prasarana dan peralatan alat kesehatan rumah sakit harus selalu dalam kondisi siap dan berada dalam keadaan layak,” katanya. Selasa 16 Juli 2024.

Dijelaskan, banyaknya permasalahan terkait dengan sarana prasarana terutama di pemeliharaan, berkaitan juga dengan stok barang persediaan dan pengelolaan alat kesehatan yang di perlukan penataan yang baik secara administrasi maupun secara fisik pada barang persediaan dan alat kesehatan. Hal tersebut menjadi dasar bagi timnya untuk mengembangkan Aplikasi “Mamase” (Maintenance Management System) sebagai digitalisasi tata kelola administrasi pemeliharaan sarana dan prasarana di RSPA.

“Sebelumnya jika ada kerusakan sarana dan prasarana, penanggungjawab alat, kepala ruang dan kepala instalasi harus mengajukan permohonan perbaikan di form kertas, kini cukup mengisi form di Aplikasi Mamase, langsung tersampaikan di HP masing masing petugas instalasi pemeliharaan sarana rumah sakit (IPSRS).”

Wahyu menambahkan, sarana dan prasarana rumah sakit dalam hal pemeliharaan sarana rumah sakit harus diadakan pemeliharaan secara rutin, baik preventif maupun break down maintenance.

Sehingga secara berkala mengadakan kalibrasi dan uji performa alat-alat agar berfungsi sesuai dengan standar yang berlaku, menurut Wahyu pentingnya kecepatan penanganan pemeliharaan sarana dan prasarana sangat menentukan jalannya pelayanan di RSPA.

“Dengan aplikasi Mamase ini, selain menggantikan dokumen fisik, mempercepat akses informasi hingga penanganan pemeliharaan dan perbaikan sarpras RSPA. Juga meningkatkan produktivitas staf medis dalam memberikan pelayanan.” (**)