Mengenal Lebih Dekat Platform Satu Data bernama BI-SMART

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida)Boyolali menggagas trobosan platform satu data untuk mewadahi informasi ratusan inovasi yang dibuat masyarakat dan instansi di wilayah Boyolali serta berbagai riset yang ada. Trobosan itu bernama BI-Smart atau Boyolali Innovation System Management of Research and Technology.

Menurut Kabid Riset dan Inovasi Bapperida Boyolali, Achmad Nasution, BI-Smart diinisiasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing daerah di lingkungan Pemkab Boyolali

“Ini adalah sebuah platform atau aplikasi penguatan tata kelola riset dan inovasi di Kabupaten Boyolali yang merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah didukung berbagai pemangku kepentingan terkait,” katanya, Jumat 19 Juli 2024.

Dia menjelaskan, BI-Smart dapat diakses di laman https://bi-smart.boyolali.go.id. Diketahui pada laman portal tersebut terdapat delapan menu terdiri dari Inovasi, Krenova, Pinboy, Riset, Jurnal, Penelitian, Duta Inovasi, dan BI Nite. Setiap menu dapat diakses tanpa password dan username.

Dia menambahkan, perbedaan BI-Smart dengan sistem yang lain seperti milik Kemendagri yaitu mereka hanya mengompilasi data. Sedangkan BI-Smart sudah terdapat klasterisasi dan levelling inovasi.

“BI-Smart diharapkan dapat memberikan manfaat kepada multipihak yang meliputi pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, hingga media massa, gunanya untuk meningkatkan kualitas akurasi data dan riset terkini yang dapat diakses secara cepat dan kepastian data induk yang digunakan.”

Saat ini, lanjut dia sudah ada buku Boyolali Kaya Cerita, Boyolali Kaya Rasa, dan nantinya juga bakal ada buku Boyolali Kaya Inovasi baik digital dan hardcopy. Diharapkan ketika inovasi hingga riset dapat diakses masyarakat umum dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, dan kesejahteraan masyarakat.

‘BI-Smart juga mempunyai beberapa keunggulan, seperti Surat Persetujuan Rekomendasi Inovasi digital, Peta Inovasi digital, Rapor Inovasi digital, Leveling Inovasi seperti platinum, gold, silver, bronze, dan disclaimer,” kata dia.

“Diharapkan program juga bisa menjadi model yang dapat direplikasi di daerah lain.” (ist/**)