Dua Mapala Specta UIN RM Said Surakarta Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Kazbek Georgia

Dua mahasiswa pecinta alam Specta UIN RM Said Surakarta latihan di gumuk pasir Jogjakarta sebelum muncak Gunung Kazbek Georgia. (/Fokusjateng.com)

Lakukan Latihan Fisik untuk Hadapi Suhu Minus 25 Derajat Celcius

FOKUS JATENG-SURAKARTA-Momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 nanti bakal menjadi sejarah bagi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Specta Universitas Islam Negeri (UIN) RM Said Surakarta. Sebab, dua mahasiswa pecinta alam Specta akan melakukan pendakian Gunung Kazbek 5054 MDPL, Georgia dan akan mengibarkan merah putih di puncak gunung.

Kedua pecinta alam ini adalah Danang Prakoso dan Arta Dian Pratama. Mereka berdua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. “Mereka merupakan atlet Specta Indonesian International Expedition (SIIE),” terang Ahmad Al Ayubi, pengurus Mapala Specta UIN RM Said Surakarta, dalam rilisnya Rabu 24 Juli 2024.

Untuk menakhlukan puncak Gunung Kazbek Georgia cukup berat. Sebab, keduanya harus menghadapi suhu kurang lebih minus 25-28 derajat celsius. Meski demikian, Mereka berdua sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari bersalam pengurus Mapala Specta.

“Persiapan fisik Ekspedisi Gunung Kazbek ini sudah berjalan selama 5 bulan. Seminggu 5 kali di kawasan kampus 1 UIN RM Said Surakarta. Variasi latihan kali ini seperti pusp up, joging, pull up, tarik ban, fitnes, vo2 max dan lain-lain. Untuk latihan medan di Gunung Lawu, gumuk pasir Yogjakarta dan tempat lainnya,” papar Ayub, sapaan akrabnya.

Target utama ekspedisi ini adalah dua pendaki tersebut bisa sampai di puncak tertinggi di Georgia Timur itu dengan mengibarkan bendera merah putih, bendera UIN RM Said dan Specta. “Yang jelas kami menyemarakkan dan upacara hari kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Selain itu mengenalkan budaya Indonesia di Georgia dan eksplorasi budaya lokal,” tandasnya.

Dengan serangkaian pelatihan dan persiapan yang telah dilakukan oleh tim tersebut, mereka mengaku siap melakukan pendakian di gunung Kazbek 5054 MDPL. “Kami memohon doa dan dukungannya agar Specta Indonesian Internasional Expedition berjalan lancar dan sukses,” harapnya. (*)