KBIHU Mandiri Boyolali Apresiasi Kesuksesan Penyelenggaraan Haji 2024

Ribuan calon jemaah haji dan umroh melaksanakan manasik di Wisata Edukasi Religi Qolbu Boyolali (yull/Fokusjateng.com)

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M menorehkan catatan peningkatan kualitas layanan dan inovasi yang mendapatkan apresiasi luas. Menurut Ketua KBIHU Mandiri Boyolali, Drs Aminoto, bahwa upaya pemerintah memberikan layanan terbaik dalam penyelenggaraan haji tahun 2024 diapresiasi positif oleh jemaah haji Indonesia. Bahkan, dinilai lebih baik dibanding tahun tahun sebelumnya.

“Jadi bisa saya katakan penyelenggaraan haji tahun 2024 dinilai lebih baik dibanding tahun tahun sebelumnya,” kata Drs Aminoto, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Mandiri Boyolali, baru –baru ini.

Dia merasakan, pelayanan para petugas haji sejak dari awal, yakni mulai layanan pemeriksaan kesehatan, manasik tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Boyolali, manasik tingkat kecamatan oleh masing-masing KUA Kecamatan, diikuti layanan di Seksi PHU Kantor Kemenag dalam kelancaran pelaksanaan ibadah haji jemaah, kemudian layanan pemberangkatan ke Asrama Haji Donohudan dan pemulangan dari Asrama Haji Donohudan oleh tim P3HD Pemkab Boyolali. Hingga layanan PPIH embarkasi serta seluruh layanan PPIH di tanah suci.

“Penyelenggaraan ibadah haji itu memang suatu proses panjang yang melibatkan banyak pihak selain Kementerian Agama, sehingga ini patut di apresiasi bersama” ujarnya

Menurut Aminoto, pelayanan terbaik itu juga terlihat dari transportasi, akomodasi, layanan ibadah hingga menu makanan yang semakin baik, semua berjalan sangat lancar.

“Demikian juga para petugas, sangat membantu. Tidak hanya membantu jemaah lansia, tetapi untuk hal-hal yang sepele seperti batu kerikil untuk lontar jumrah juga disiapkan oleh petugas,” ujarnya.

ia menilai, kesigapan petugas haji sangat membantu tim KBIHU dalam mendampingi jemaahnya, hal ini patut diapresiasi. Disinggung Wisata Edukasi Religi Qolbu yang selama ini juga dimanfaatkan untuk pelaksanaan manasik praktek bagi jemaah calon haji serta jemaah yang akan melaksanakan umroh, Aminoto memberikan apresiasi atas pembangunan Wisata Edukasi Religi Qolbu Boyolali yang dapat dimanfaatkan untuk Jemaah calon haji dan umroh dalam melakukan manasik.

“Alhamdulillah, apa yang dibangun Pemkab Boyolali benar-benar bermanfaat dengan baik hingga kedepannya. Disini juga kami sampaikan terimakasih kepada kementrian agama, Pemkab Boyolali dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Semua kebaikan itu akan dihitung sebagai amal baik dan semoga membawa berkah,” pungkasnya. (**)