Piala Presiden 2024, Closing Ceremony Bakal Tampilkan Pertandingan Timnas Putri Indonesia versus Pemain SSB Solo Putri

Fokus Jateng-SOLO-Rangkaian acara Closing Ceremony Laga Piala Presiden 2024 akan mengawali pertandingan babak final yang akan mempertemukan Borneo FC dengan Arema FC di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu, 4 Agustus 2024.

Adapun pertandingan untuk memperebutkan posisi ketiga digelar hari ini, Sabtu, 3 Agustus 2024, pukul 19.30 WIB, antara Persis Solo melawan Persija Jakarta. Sesuai regulasi, dalam pertandingan tersebut Persis Solo sebagai tuan rumah sehingga para suporter Laskar Sambernyawa itu boleh hadir di Stadion Manahan Solo.

Closing ceremony akan disemarakkan dengan berbagai penampilan di antaranya pertandingan antara 6 pemain Timnas Putri versus 30 pemain sekolah sepak bola atau SSB Solo Putri. Acara itu dijadwalkan pukul 18.00 WIB. Panitia juga menghadirkan Soimah dan Putri Ariani sebagai bintang tamu dan menyajikan pertunjukan seni yang menampilkan 200 penari.

Ketua Steering Committee Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait mengungkapkan kepercayaan sponsor pun makin tumbuh. Hal ini terbukti menjelang final Piala Presiden 2024, ada tambahan Rp 1 miliar dari sponsor. Sehingga per 31 Juli, total sponsor mencapai Rp 79 miliar.

“Ini total sponsor terbesar sepanjang sejarah. (Sponsor) masih terbuka kalau ada yang mau nambah dua hari ini,” ucapnya saat jumpa pers di Pracima Tuin, Jumat 2 Agustus 2024.

Piala Presiden 2024 juga membagikan hingga belasan ribu tiket gratis pada laga final yang dihelat pada tanggal 3 dan 4 Agustus di Stadion Manahan Solo.

“Untuk pertandingan tanggal 3 Agustus akan ada 6.000 tiket yang dibagikan secara gratis. Sedangkan laga final tanggal 4 Agustus untuk complimentary ticket ada 12.000. Karena kalau kapasitas yang diperbolehkan ada 14.000,” ujar Muarar saat konferensi pers di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Jumat, 3 Agustus 2024.

Selain itu, panitia juga akan membagikan empat sepeda motor listrik kepada penonton. Sementara itu, penayangan ajang Piala Presiden 2024 di Indosiar memecahkan rekor.

Deputy Director Programming Indosiar, Ekin Gabriel Subakty, menjelaskan bahwa Piala Presiden 2024 menjadi tayangan yang paling banyak ditonton di tengah maraknya program-program yang menarik pada saat yang bersamaan.

Ia memprediksi jumlah penonton itu akan semakin meningkat saat pertandingan perebutan peringkat ketiga dan laga final digelar pada Sabtu ini, 3 Agustus dan Minggu, 4 Agustus.

“Tanggal 29 (Juli 2024) kemarin, kami sudah melihat bahwa performa Piala Presiden 2024 sangat luar biasa. Ini merupakan yang terbaik sepanjang 6 kali penyelenggaraannya,”  kata Ekin.

Ketika semifinal, ia menyebut persaingannya sangat ketat. Ia menjelaskan saat babak semifinal itu digelar, pada saat yang bersamaan juga ada laga badminton di Olimpiade 2024 dan voli.

“Namun, dari segi rating, ini paling tinggi selama penyelenggaraan, yakni 4,6 persen dan share-nya 18,9,” katanya.

Ia menjelaskan  angka 4,6 persen itu merupakan persentase dari penonton suatu acara dibandingkan total populasi. Sementara itu, share adalah persentase jumlah pemirsa dibandingkan total pemirsa di semua kanal televisi.

“4,6 persen ini artinya persentase dari total pendukung di Indonesia. Kalau, 18,9 itu adalah jumlah penonton yang menyaksikan televisi. Jadi, ini memperlihatkan tayangan ini masih sangat kompetitif,” katanya.

Jika pada saat yang sama ada penayangan badminton dan ajang voli AVC, ia mengatakan maka kalau dilihat 18,9 penonton pada hari tersebut menyaksikan pertandingan semifinal Piala Presiden 2024.  (A.Nuryanto/**)