Oven Tembakau di Banyudono Dilalap Si Jago Merah

Fokus Jateng-BOYOLALI – Kebakaran oven kembali lagi terjadi di Boyolali. Kebakaran tersebut terjadi di Dukuh Tegalrejo Rt 005/002, Kuwiran Banyudono, Boyolali, pada Minggu 4 Agustus 2024 pagi. Tim Damkar Boyolali membutuhkan sekitar 2 jam untuk menundukkan sijago merah.

Menurut Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Boyolali, Waluyo Jati, kebakaran terjadi sekitar pukul 05.00, setelah menerima sebanyak dua unit damkar segera datang ke lokasi kejadian.

“Mendapati laporan tersebut kita langsung turunkan dua unit mobil pemadam kebakaran,” ucapnya saat dikonfirmasi fokus jateng.

Kejadian oven tembakau yang dilaporkan oleh Aryo Adi Herlambang tersebut dapat dipadamkan sekitar pukul 08.00 dipadamkan oleh Tim Damkar Boyolali dengan dibantu oleh masyarakat setempat.

Adapun penyebab kebakaran, lanjut Waluyo Jati, saat itu, dalam ruang bakar pemanas oven tiba-tiba mengeluarkan api. Hingga dalam waktu singkat, kobaran api menghanguskan seluruh tembakau yang dioven dan atap bangunan oven ludes terbakar.

“Oven tembakau ini kan menggunakan sekam padi. Karena tertiup angin, sekam kemudian terbakar,” ujarnya.

Beruntungnya pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 45 juta atas kejadian tersebut. (**)