Pramuka SMA Negeri 3 Surakarta, Kenalkan Budaya Bangsa lewat Drama Musikal AJISAKA

Fokus Jateng-SOLO,-Mengawali Agustus sebagai bulan dirgahayu Republik Indonesia, kontingen

Pramuka SMA Negeri 3 Surakarta sukses meraih juara pertama lomba drama musikal pada Lomba Kecerdasan dan Ketangkasan Pramuka Penggalang Penegak LK2PP XVIII se Jawa Tengah.

Kegiatan dihelat pada 3-4 Agustus 2024 berlokasi di bumi perkemahan UIN Surakarta yang mana pada tahun ini diselenggarakan oleh panitia Racana Raden Mas Said dan Dewi Sartika.

Mengambil lakon AJISAKA, tim Pramuka putri SMA Negeri 3 Surakarta yang terdiri dari 7 siswa yaitu Alya Putri Zhahwa, Gendis Ayu, Elvaretta Kaila , Kenji Dwi Pradani, Khaira Putri, Hemas Ranuhita serta Jannatin Alya Nisa totalitas memainkan drama musikal dipadu tari dan lagu berlirik daerah. 

Ketua tim pelatih Hafiy Ghafara Rahman menuturkan, pemilihan lakon AJISAKA dilakukan sebagai salah satu upaya melestarikan budaya dengan memperkenalkan cerita rakyat pada generasi muda.

AJISAKA berkisah tentang pembebasan Kerajaan Medang Kamolan dari seorang Raja diktator yaitu Prabu Dewatacengkar. Kisah tersebut terjadi sebelum tragedi Dora dan Sembada yang tidak lain adalah kisah asal-usul aksara Jawa.

Hafiy menambahkan, selain meraih juara pertama pada drama musikal putri, tim Widya Karya Jaya SMA Negeri 3 Surakarta juga meraih juara pertama drama musikal putra, juara 2 PBB putri, juara 1 LTCP putri, juara 2 LTCP putra serta menyabet juara umum pada perhelatan yang sama.

Pembina Pramuka SMA Negeri 3 Surakarta, Rudi Permono Putro, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak lepas sebagai salah satu upaya menjaga budaya adiluhung bangsa dengan keterlibatan langsung generasi muda.

Generasi tunas sejati yang kreatif dan tangguh diharapkan lahir dan tumbuh sebagai upaya mengisi kemerdekaan dengan hal yang bermanfaat. (ist/**)