Relawan Bolone Mase Akui Dapat Restu Gibran untuk Dukungan ke Mangkunegara X Maju Pilkada Solo 2024

Fokus Jateng-SOLO – Koordinator Nasional Bolone Mase, Kuat Hermawan mengaku mendapatkan restu dari Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka terkait dukungan kepada KGPAA Mangkunegara X maju sebagai calon wali kota Solo di ajang Pilkada 2024. Dukungan dari relawan Bolone Mase juga resmi dideklarasikan di Kafe Saudagar Laweyan, Kampung Batik Laweyan Solo, Jawa Tengah, pada Kamis malam, 8 Agustus 2024.

Saat ditanya, Kuat tak menepis bahwa dukungan relawan Bolone Mase untuk Gusti Bhre, sapaan karib Mangkunegara X, mendapatkan lampu hijau dari Gibran meskipun tanpa menyebut nama secara langsung. “Sudah pasti lah,” ucap Kuat saat ditemui wartawan seusai deklarasi.

Ia menjelaskan ada dua hal, pertama dari hasil konsolidasi internal Bolone Mase di 54 kelurahan telah mengusulkan nama Gusti Bhre tersebut untuk didukung sebagai bakal calon wali kota Solo di ajang Pilkada 2024. Kedua, secara simbolis Gibran juga memberikan sinyal restunya saat melakukan kegiatan blusukan bersama Adipati Mangkunegaran Solo itu.

“Ada dua hal, pertama dari konsolidasi internal organisasi di 54 kelurahan Bolone Mase, kami mengusulkan Gusti Bhre. Beberapa waktu lalu, Mase (Gibran) blusukan dengan Gusti Bhre dan Bolone Mase itu secara kultural adalah simbol,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dukungan kepada Mangkunegara X untuk maju sebagai calon wali kota Solo itu karena melihat sosoknya yang merupakan salah satu tokoh muda di Kota Bengawan. Para relawan Bolone Mase menilai Gusti Bhre yang akan bisa melanjutkan program-program Gibran pada pemerintahan sebelum ini sekaligus menyempurnakannya.

“Beberapa kali saya dan teman-teman ini Bolone Mase bertemu, berdiskusi dengan beliau (Mangkunegara X), memang titipan pesan dari teman-teman itu adalah soal kebudayaan dan itu cocoknya pada Gusti Bhre,” tutur dia.

Disinggung tentang sosok yang tepat untuk calon wakil wali kota yang akan mendampingi Mangkunegara X dalam kontestasi Pilkada 2024 nantinya, Kuat mengaku dari relawan tidak memiliki kapasitas untuk menentukannya. Menurutnya, dukungan dari relawan Bolone Mase kepada Mangkunegara X pun baru dideklarasikan setelah ada kepastian dari sejumlah partai politik di Solo yang menyatakan akan mendukung Mangkunegara X. Ia mengatakan hal itu untuk menghormati partai-partai politik yang memang memiliki kewenangan untuk itu.

“Kami kan relawan, secara hak konstitusinya nggak ada (untuk mencalonkan wali kota dan wakil wali kota. Tapi kami melihat di beberapa partai sudah clear mendukung Gusti Bhre. Hari ini kami hanya memperkuat secara organisasi kalau sebelumnya dulu kan secara kultural,” ucap dia. (A.Nuryanto/**)