Bulan Agustus Jasa Sewa Kostum dan Baju Adat Banjir Order

Fokus Jateng-BOYOLALI, – Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke 79 yang jatuh pada 17 Agustus membawa berkah tersendiri bagi penyedia jasa persewaan baju adat daerah dan kostum karnaval di Boyolali, Jawa Tengah. Omset jasa penyedia atau persewaan kostum karnaval meningkat hingga 200 persen dari biasanya.

Salah satu pemilik jasa sewa baju karnaval yang mendapat berkah dari agenda tahunan karnaval adalah Ida Purwaningsih, warga Surodadi, Pulisen, kecamatan Boyolali Kota. Sejak awal bulan Agustus, setiap siang hingga malam hari rumahnya selalu ramai silih berganti didatangi oleh puluhan warga yang akan menyewa aneka pakaian adat dan kostum karnaval. Baju adat dari berbagai daerah yang ada di pulau Sumatera menjadi yang paling banyak diburu oleh kalangan pelajar yang akan digunakan saat upacara tanggal 17 Agustus besok.

“Saya rencana mau sewa baju betawi untuk aubade 17 agustus, mencari kostum tidak terlalu susah karena disini ada, pilih disini ownernya ramah dan pilihannya banyak,”kata Anis salah satu penyewa baju adat. Sabtu 10 Agustus 2024.

Selain pakaian adat Nusantara, kostum karnaval ala wonderland Indonesia juga laris manis dipesan oleh warga. Mereka cukup mendatangi langsung tempat persewaan kostum sejak awal bulan, warga bisa memilih aneka baju dan kostum yang yang akan disewa dan mencobanya ditempat itu.

“Karena memang disini pilihannya komplit komplit juga, disini saya pernah sewa baju kebaya terus saya pernah sewa baju bali. ini saya mau sewa baju bodo dan saya juga mau sewa baju karnival untuk karnaval di kelurahan, kalau baju adanya dipakai untuk upacara aubade untuk upacara tujuh belas Agustus,” timpal Havania, seorang penyewa kostum.

Sementara Ida Purwaningsih menyebut, permintaan sewa baju adat pada bulan Agustus ini mengalami peningkatan hingga 200 persen dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Para pemesan memilih melakukan booking jauh jauh hari agar bisa mendapatkan kostum yang diinginkannya, pada bulan Agustus tahun ini permintaan sewa baju adat dan kostum paling banyak digunakan untuk tanggal 17 dan 25 Agustus besok. Tarif sewa baju adat sangat bervariasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp250 ribu tergantung dari motif dan banyaknya pernak pernik baju, sementara untuk kostum karnaval tarifnya mulai dari Rp 250 ribu.

“Alhamdulillah untuk moment agustus ini dan bulan lalu animo masyarakat begitu besar terkait dengan persewaan baju adat dan juga karnaval, jadi setiap minggu di bulan agustus ini sudah full booking. kalau pemesan sejak januari sudah ramai tapi yang untuk agustus itu mulai dari dua minggu yang lalu sudah full. yang paling banyak dipesan baju adat,dari semua pelosok nusantara semua dipesan, kemudian baju tari kreasi, sewanya mulai dari Rp 50 ribu hingga 250 ribu,” kata Ida. (**)