Hebohnya Emak-emak ikut Lomba Mancing di Boyolali

Fokus Jateng-BOYOLALI,- Puluhan emak-emak ikut memeriahkan lomba mancing ikan lele yang berlangsung di Desa Bangak, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Lomba ini termasuk semarak memeriahkan Hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Kegiatan lomba mancing lele khusus ibu-ibu ini berlangsung di aliran irigasi sawah yang ada di pinggir jalan dukuh setempat. Minggu 11 Agustus 2024.

Unik dan meriah, para peserta pun antusias mengikuti lomba mancing yang biasanya didominasi oleh kaum lelaki.

Sebelum lomba di mulai para peserta sudah berjajar di sepanjang parit. Sembari menunggu semua peserta siap. Panitia memberikan imbauan joran peserta tetap berada di atas alias tidak boleh menyentuh airnya. Setelah menunggu sekitar 15 menit, emak-emak yang menjadi peserta meminta perlombaan segera digelar. “Ayo, mulai dong, keburu panas nih,” timpal mereka dengan kompak.

Sampai pada akhirnya, perlombaan pun dimulai. Emak-emak tersebut langsung heboh. Bahkan, teriakan khas emak-emakpun berulang kali pecah tatkala mendapatkan ikan, atau karena peserta terlalu kuat saat menarik joran pancing. Ikan lele yang tersangkut kail pun terlempar melewati jalan.

Wulandari, salah satu peserta mengaku tertantang dan penasaran dengan aktivitas memancing yang sering dilakukan suaminya. Teriakan nya pun pecah ketika pancingnya nyangkut dan mendapati ikan lele di kailnya.

” Iya penasaran gimana rasanya mancing itu, ini tantangan baru kali ini mancing. Kalau ga ada lomba mancing untuk ibu-ibu saya juga ga mancing,”kata Wulandari.

Selama satu jam memancing, sudah lebih dari 15 ekor ikan yang ia dapatkan.

” Saya pakai umpan cacing tanah. Ini lumayan. Ada yang besar ada juga yang kecil,”ujarnya.

Sementara itu, ketua PKK Desa Bangak, Zulaikhah mengaku sengaja membuat kegiatan mancing untuk ibu-ibu ini.

“Kan biasanya itu (mancing) bapak-bapak. Nah kami coba untuk ibu-ibu. Dan ternyata antusiasnya tinggi,” jelasnya.

Dalam lomba mancing ini, total ikan yang ditebar mencapai 3 kuintal. Selain itu, peserta yang berhasil menaikkan ikan yang ada pitanya langsung diberikan hadiah oleh panitia.

” Nanti yang dapat ikan paling banyak juga ada hadiahnya.”

Ia menambahkan, selain dalam rangka peringatan HUT RI, lomba memancing juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar warganya. Diharapkan, kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan. (**)