Dito Ariotejo Lepas Atlit NPC Indonesia Menuju Paris

 

FOKUSJATENG.COM, KARANGANYAR – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melepas kontingen atlet Nasional Paralympic Commite (NPC) Indonesia yang akan berlaga di Paralimpiade 2024 Paris yang bakal digelar di Paris pada 28 Agustus hingga 8 September mendatang.

Acara pengukuhan dan pelepasan kontingen atlet NPC itu digelar di Paralympic Training Center (PTC), Delingan, Kabupaten Karanganyar, Kamis (15/8/2024), dengan dihadiri sejumlah tokoh, termasuk pejabat unsur Forkopimda Karanganyar.

Menurut Menpora, di Paralimpiade 2024 Paris, ada sebanyak 35 atlet NPC Indonesia yang bersiap tampil di berbagai cabang olahraga (cabor). Cabang olahraga itu adalah boccia, judo tunanetra, para angkat berat, para atletik, para menembak, para balap sepeda, para bulu tangkis, para panahan, para tenis meja, dan para renang.

“Jumlah atlet tersebut melebihi target NPC Indonesia yang merencanakan 28 atlet berangkat ke ajang Paralimpiade 2024 Paris. Jumlah ini juga jauh lebih banyak dari perwakilan Indonesia pada Paralimpiade di Tokyo tahun 2020 lalu, yang saat itu Indonesia diwakili oleh 23 atlet untuk tujuh cabang olahraga. Artinya, pembinaan atlet paralimpik yang telah dilakukan NPC bersama Kemenpora RI membuahkan hasil yang signifikan. Ini peningkatan yang luar biasa,” jelas Dito kepada wartawan.

Terkait perolehan medali yang ditargetkan pada Paralimpiade 2024 Paris, Dito berharap kontingen NPC Indonesia mampu meraih 1 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu.

“Pemerintah Republik Indonesia akan memberikan bonus untuk atlet peraih medali emas sebesar Rp.6 miliar, peraih perunggu Rp.1,650 miliar. Untuk pelatih peraih medali emas Rp.2,750 miliar, pelatih peraih perunggu Rp.650 juta, dan untuk partisipan baik atlet maupun pelatih sebesar Rp.250 juta,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun, menyampaikan apresiasi kepada tim Kemenpora RI yang selama ini telah memberikan dukungan penuh kepada NPC Indonesia sehingga mampu berprestasi di berbagai ajang internasional.

“Kami juga berharap doa serta dukungan dari seluruh rakyat Indonesia untuk tim dan para atlet yang berjuang di Paralimpiade 2024 Paris. Para atlet juga harus optimis mampu bertanding dengan maksimal untuk memberikan hasil yang terbaik, dan pulang membawa medali yang telah ditargetkan,” ucapnya. ( ck/bre)