Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, ini Harapan Kapolres Boyolali

Fokus Jateng- BOYOLALI – Upacara 17 Agustus dan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” di Kabupaten Boyolali berlangsung dengan penuh khidmat di Alun-alun Kidul, Komplek Perkantoran Boyolali, pada Jumat pagi, 17 Agustus 2024.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat, turut hadir Danlanud Adi soemarmo diwakili Kadispers Kolonel Adm Agus Basuki, Dandim 0724 Boyolali Letkol Inf. Wiweko Wulang Widodo, Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga, serta para pejabat Forkopimda Boyolali, serta ratusan tamu undangan, pasukan TNI, Polri, PNS, mahasiswa, pelajar, dan berbagai organisasi masyarakat yang memenuhi lapangan upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan. “Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Kini, saatnya bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai upaya pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Bupati juga menekankan bahwa bangsa Indonesia telah mencapai banyak kemajuan, baik dalam infrastruktur, pendidikan, kesehatan, maupun pertumbuhan ekonomi yang positif. “Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ mencerminkan semangat baru, dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Saya berharap, momentum ini dapat mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Boyolali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dalam menghadapi pemilihan Kepala Daerah yang akan datang, seraya mengajak seluruh komponen pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersatu padu dalam mendukung agenda pencapaian Indonesia Emas. “Dengan komitmen, kerja keras, inovasi, dan kreativitas, kita dapat terus melaju meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” tutupnya.

Senada, Kapolres Boyolali, AKBP Muhammad Yoga, yang turut hadir dalam upacara tersebut, menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Boyolali. “Kami dari Polres Boyolali akan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam menjaga kondusifitas daerah ini, agar masyarakat dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya dalam suasana aman dan damai,” ungkapnya. Kapolres juga berharap semangat kemerdekaan ini dapat semakin mempererat hubungan antara masyarakat dan aparat keamanan dalam menghadapi tantangan-tantangan masa depan.

Upacara ini menjadi momen penting bagi masyarakat Boyolali untuk memperingati perjuangan para pahlawan sekaligus memperkuat semangat kebangsaan dalam menghadapi tantangan masa depan. Dengan semangat Proklamasi dan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” seluruh elemen masyarakat Boyolali bersatu dalam tekad untuk terus memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang dan sejahtera. (**)