Zulkifli Hasan dari PAN Berikan Rekomendasi Mangkunegara X dan Astrid Widayani Maju Pilkada Solo 2024

Fokus Jateng-SOLO, – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengeluarkan surat keputusan (SK) rekomendasi untuk Mangkunegara X berpasangan dengan Astrid Widayani, untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota di ajang Pilkada Solo 2024.

Ketua DPD PAN Kota Solo, Achmad Sapari mengkonfirmasi hal itu dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Indah Palace Solo, Jawa Tengah, Jumat, 16 Agustus 2024.

Dalam kesempatan itu, Astrid juga turut hadir. Sementara Mangkunegara X berhalangan hadir lantaran dikabarkan masih berada di Jakarta.

“Untuk PAN sudah jelas, merekomendasi Gusti Bhre (Mangkunegara X) dan Ibu Astrid. SK sudah jadi tapi rencananya Pak Ketum (Ketua Umum PAN) akan menyerahkan langsung, apakah nanti di Solo atau di Jakarta, tapi untuk jadwalnya kapan, kami menunggu informasi dari DPP,” ujar Sapari kepada wartawan.

Dengan demikian hingga hari ini, Jumat, 16 Agustus 2024, Mangkunegara X bersama Astrid sudah mengantongi rekomendasi dari dua partai politik pemilik kursi di DPRD Kota Solo untuk maju sebagai pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Solo.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebelumnya juga telah memberikan rekomendasi kepada Mangkunegara X dan Astrid sebagai bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota Solo. Rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep kepada Mangkunegara X dan Astrid di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2024.

Selain PAN dan PSI, masih ada empat partai politik lain yang sebelumnya juga telah sepakat akan mengusung Mangkunegara X sebagai bakal calon wali kota Solo di Pilkada 2024. Empat partai politik itu yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sejauh ini, keempat partai politik itu sudah mengusulkan bakal calon wakil wali kota Solo kepada masing-masing DPP dan belum turun rekomendasi resmi. Namun, Sapari mengaku yakin bahwa rekomendasi dari DPP keempat partai politik itu nantinya akan memberikan dukungan kepada pasangan bakal calon yang sama.

“Kami (enam partai politik parlemen) sudah ada beberapa kali pertemuan, bahkan justru kami (PAN) itu yang paling akhir (bergabung dengan koalisi besar), jadi waktu itu begitu kami diundang dan mendengarkan visi-misinya, kami terus mantab memberikan dukungan. Sehingga saya yakin, saya jamin, 25 kursi (dari enam partai politik) semuanya mendukung Gusti Bhre (Mangkunegara X) dan Ibu Astrid ini,” ungkap dia.

Adapun untuk Sekar Tandjung yang juga telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo, Sapari mengungkapkan pihaknya telah melakukan upaya lobi politik dengan ketua DPD II Partai Golkar Solo tersebut. Sekar sendiri saat ini merupakan anggota DPRD Kota Solo periode 2024-2029.

Sapari mengungkapkan, pihaknya telah menawarkan meskipun tidak mendapatkan rekomendasi dari PAN baik sebagai bakal calon wali kota maupun bakal calon wakil wali kota, Sekar akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pimpinan fraksi yang terbentuk dari tiga partai politik, yaitu PAN, Golkar dan PKB di DPRD Kota Solo nantinya.

“Tadi saya sudah berbicara dengan Mbak Sekar dan sudah sepakat berdua, saya akan mengalah karena paling tua. Mbak Sekar akan dijadikan sebagai Ketua Fraksi Karya Amanat Bangsa,” ungkap Sapari.

Astrid yang turut hadir dalam konferensi pers mengapresiasi atas rekomendasi yang diberikan kepada Mangkunegara X dan dirinya untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Solo 2024.

“Dengan mandat ini kami mendapatkan dorongan kuat untuk terus mempersiapkan dan menjalani apa yang nantinya perlu dikembangkan kaitannya dengan program Kota Solo ke depan. Karena kami memang menjadikan keberlanjutan atau program dari pemerintah sebelumnya sebagai pondasi,” kata dia. (A. Nuryanto/**)