50 Anggota DPRD Boyolali 2024-2029 Resmi Dilantik, Susetya Kusuma DH jadi Ketua Sementara

Fokus Jateng- BOYOLALI, -Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Boyolali terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin 19 Agustus 2024.

Prosesi pelantikan yang berlangsung di gedung paripurna S. Paryanto, SH MH, dipimpin langsung oleh Ketua pengadilan Negeri Boyolali, Dwi Hananta SH.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Boyolali M Said Hidayat, Wakil Bupati Wahyu Irawan, Sekda Boyolali Wiwis Trisiwi Handayani, serta jajaran Forkopimda. Dalam pelantikan tersebut, Susetya Kusuma DH dari PDIP yang berhasil memenangkan Pemilu 2024 ditunjuk menjadi Ketua DPRD sementara. Nur Arifin dari PKS juga ditunjuk sebagai wakil ketua sementara.

Dalam sambutannya, Susetya Kusuma DH menyampaikan agenda utama tugasnya adalah memfasilitasi pembentukan alat kelengkapan dewan. Juga memfasilitasi penyusunan rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD serta memproses penetapan Pimpinan DPRD definitif, dan ini akan diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat.

” Hal ini dikarenakan agenda kegiatan rutin yang berkaitan dengan Trifungsi DPRD adalah sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita, para anggota DPRD periode 2024-2029 yang harus segera dilaksanakan pasca penetapan Alkap dewan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M Said Hidayat saat ditemui wartawan usai pelantikan mengucapkan selamat kepada 50 anggota DPRD tersebut. Diharapkan, seluruh anggota DPRD bisa amanah dalam bertugas.

“Tentunya kami berharap ke-50 anggota DPRD yang dilantik bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat. Kami ucapkan selamat bertugas.”

Diketahui, Ke-50 anggota DPRD yang dilantik tersebut, masing- masing berasal dari PDIP sebanyak 36 orang dan menjadikannya pemilik suara mayoritas. Lalu Partai Golkar dan PKS masing- masing sebanyak 4 orang, PKB 3 orang dan Gerindra 3 orang. (**)