Dorong Digitalisasi UMKM, KKN-PPM Unisri 2024 Sosialisasikan Pemanfaatan E-Commerce

Fokus Jateng- Wonogiri,- Dorong digitalisasi UMKM, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri program studi Manajemen melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat atau biasa disebut KKN-PP dari kelompok 1 dengan DPL Prof. Dr. Hera Heru Sri Suryanti, MPd.Menggelarkegiatan Sosialisasi Memberdayakan UMKM Melalui Digital E-commerce di Kelurahan Bulusari, Slogohimo. Kabupaten Wonogiri.Dengan semangat untuk memperkuat ekosistem UMKM lokal, mahasiswa mengajak UMKM desa setempat untuk ikut meramaikan perdagangan digital.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri program studi Manajemen, Anisa Dini Ekawati dari kelompok 1 mengatakan Kegiatan KKN pada tahun ini bertema “UNISRI Ikut Serta Dalam Penguatan Kesejahteraan Dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah”. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 22 Juli 2024-29 Agustus 2024.

“Pada kesempatan itu, kami membagikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya penggunaan e-commerce dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing usaha mereka,”kata Anisa.

Dia mencontohkan, dalam sosialisasi itu pihaknya juga membagikan pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan platform online guna meningkatkan keterlibatan UMKM dalam perdagangan digital. Selain itu juga memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mendaftar dan mengelola toko online.

“Seperti menentukan harga yang kompetitif, dan strategi pemasaran digital hingga penataan katalog produk. Jadi, ini diarahkan untuk membantu UMKM mengoptimalkan kehadiran mereka di dunia maya,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya penggunaan e-commerce dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya e-commerce, mengingat semakin berkembangnya transaksi digital di masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha di Kelurahan Bulusari dapat memanfaatkan platform digital untuk memperluas pemasaran produk mereka, baik secara lokal maupun nasional, bahkan hingga pasar internasional.”

Adapun manfaat dari kegiatan ini sangat besar bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Bulusari, lanjut Anisa, seiring meningkatnya pengetahuan mengenai e-commerce, para pelaku usaha diharapkan mampu memasarkan produk mereka secara online, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, penggunaan platform digital juga akan membantu para UMKM dalam meningkatkan efisiensi bisnis dan menciptakan peluang baru di era digital.

Dalam suasana interaktif, peserta sosialisasi diberi kesempatan untuk bertanya dan mendiskusikan tantangan yang mungkin dihadapi dalam mengimplementasikan e-commerce dalam bisnis mereka. Kegiatan ini pun mendapatkan sambutan yang positif dari para pelaku usaha yang antusias untuk mempelajari berbagai strategi pemasaran digital dan memanfaatkan teknologi e-commerce untuk mengembangkan usaha warga Kelurahan Bulusari. (anisa dini/ist)