Malam Ini, Dramatik Reading Ranjang Seribu Panah di Taman Budaya Jawa Tengah

SOLO – Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 79 Republik Indonesia, sejumlah senima lintas disiplin menggelar pementasan drama tari spektakuler berjudul Saratalpa “Ranjang Seribu Panah”.

Pagelaran bertajuk Gemilang Kemerdekaan RI tersebut akan berlangsung pada Senin malam ini, 19 Agustus 2024 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Jalan Ir Sutarmi Nomor 35, Jebres, Surakarta, mulai pukul 20.00 WIB sampai selesai.

 

 

Menukil kisah pewayangan dalam Kitab Mahabarata, pementasan yang digagas Billy Aldi Kusuma ini melibatkan sejumlah pelaku seni dari berbagai disiplin. Ada seniman tari, teater, musik hingga wayang orang.

Sejumlah nama yang tidak asing di dunia pertunjukan Kota Bengawan terlibat dalam pementasan ini. Ada Djarot B Darsono, Gigok Anuraga, Dinar Warih, Rahma Puteri Parimitha, Yogiswara Manitis Aji, Respati Galang, Jagad Aji, Billy Aldi Kusuma, Rima Kusuma, Kukuh Prayoga, Davi Gio, Bagus Faisal Hari, Abi Baskoro, dan Rio Murthi.

Meskipun bersumber dari kisah pewayangan, tapi reportoar berdurasi kurang lebih 1 jam tersebut digarap dengan konsep pertunjukan yang eksploratif dan universal. Hal itu diungkapkan sutradara dari Rah Community, Bendictus Billy Aldi Kusuma melalui keterangannya.

Detik-detik ketika tokoh Bisma menjemput ajal itulah, kata Billy, dapat merangkai jalinan kisah yang penuh ironi hingga menuju lorong alam baka yang sonya ruri.

Guna ikut memeriahkan bulan kemerdekaan, pementasan drama tari ini terbuka untuk umum dan tidak menggunakan tiket masuk alias tiket.

Lebih lanjut Billy mengatakan, pementasan ini didukung oleh sejumlah pihak, di antaranya Klik Project, Kusuma Rasa Resto Pengging, Bank Arto Moro Semarang, Mind.Id dan Nur Cahyo.

“Dukungan dari semua teman teman seniman di Solo dan Boyolali ini membuat kami bersemangat untuk terus berkarya. Saya berharap pula bahwa dengan mengusung konsep kisah dari dunia pewayangan, masyarakat khususnya generasi muda tidak asing dengan budayanya sendiri,” terang Billy yang juga pemeran Pak RT dalam serial Balada Kampung Riwil oleh Bakar Production.***